1/29/2015

Hewan Peliharaan Dan Beberapa Tips Dari Gue

          89 Comments   

Kemaren sore, gue lagi main sama Moci di pekarangan rumah. Karena udah mau magrhrib, Moci gue bawa masuk ke dalem. Saking sayangnya orang rumah sama dia, Moci suka kita lepas gitu aja di dalam rumah. Karena bagi kita sekeluarga dia juga kelinci yang mengerti sopan santun. Berbeda dengan kelinci lain yang suka pup sembarangan, Moci enggan melakukan hal nista itu. Kalo kebelet, dia akan langsung lari ke kandangnya dan menyelesaikan panggilan alam dengan damai sentosa. (FYI, Moci itu kelinci jantan).

Terus, karena makanan Moci udah abis, gue memutuskan untuk membelinya di depan sama nyokap. Pas mau pergi, perasaan gue mendadak nggak enak. Gue juga sempet bilang ke nyokap tapi malah diketawain karena katanya lebay. Mana pas selesai belanja bukannya langsung pulang, nyokap malah nyempetin ngerumpi dulu.

Sesampainya dirumah, gue langsung menaruh belanjaan dan bergegas ke kandang Moci. Ternyata dia enggak ada di dalam. Gue pun mencari ke sudut-sudut ruangan, ke pekarangan bahkan halaman tetangga, TETEP NGGAK ADA. Gue panik dengan perasaan yang campur aduk. Setelah diinget-inget, kayaknya dia lari pas kita tinggal tadi. Zidan, adek gue, membiarkan pintu depan rumah terbuka ketika dia siap-siap pergi. Akhirnya Moci bisa kabur dengan sentosa. Sumpah gue kesel banget sama Zidan. Padahal itu si Moci hadiah ulang tahun dan baru dua hari dirumah. Hiks.


****

Ngomong-ngomong soal peliharaan (nggak termasuk gebetan yang dipelihara atau bahkan mantan), berikut ini gue bakal kasih beberapa tips gimana caranya biar beberapa hewan ini betah atau bahkan berumur panjang. Lebih panjang dari umur majikan sendiri, mungkin.


       1.       Kelinci

"Mata gue mana woy mata.."


Berhubung yang punya blog merupakan sekte pecinta kelinci tiada tara, maka yang akan gue bahas duluan adalah kelinci. Sebenernya sih melihara kelinci nggak ribet-ribet amat. Dalam sehari lo cuma harus ngasih makan ke dia 3 kali (nggak berlaku kalo kelincinya rakus), lepas dia di alam bebas ketika sore, dan bersihin kandangnya jangan lupa.

Tapi ada beberapa  sifat kelinci yang membat kita harus ekstra hati-hati dalam memeliharanya. Diantara lain: Kelinci nggak boleh dikagetin, nggak boleh digigit semut, dan mereka rentan galau. Ini serius, kelinci itu hewan yang sok sensitif banget. Selain nggak suka bunyi-bunyi berisik yang bikin kaget, mereka juga hewan yang lemah. Kelinci nggak bisa hidup sendiri, dia mesti ada temennya di dalem kandang biar nggak stres.

(Tuh, kelinci aja harus ada pasangan, masa lo betah sendiri? :p )


       2.       Kucing

"Eh, gue juga dimasukin Dev?"


Nah ini peliharaan sejuta umat dan semua kalangan nih. Mau menengah keatas, kebawah, kesamping, rata-rata pada punya ini. Gue juga dulu punya kucing, namanya Panther (cewek), dan mati karena obesitas. Semuanya diembat, bahkan engsel pintu.

Bicara soal kucing, mereka ini hewan yang monoton kebiasaannya. Kalo nggak ngeong, tidur. Kalo nggak tidur, makan. Kalo nggak makan, mati. Yaiyalah namanya juga makhluk hidup.

Cara bikin dia betah sih simple aja, BIARIN. Iya, biarin dia lenggak-lenggok dalem rumah, biarin dia makan sisa makanan kita, biarin dia memilih pasangannya sendiri, walopun itu adalah kucing codetan komplek sebelah. Kalau sudah, Selamat. Lo udah bisa membuka peternakan kucing karena kucing lo hamil melulu.


      3.       Burung

Cewek! Suit suit. Sok nggak ngeliet banget sih.


Sebelum lo mikir yang aneh-aneh (burung elang indosiar maksudnya), perlu gue katakan kalo burung disini maksudnya Merpati. Ya, karena ini juga merupakan peliharaan yang lumayan mainstream.
Cara meliharanya sih simple. Cukup kasih makan, kasih minum, dan lepaskanlah jika ia sudah cukup dewasa untuk mengeksplor angkasa. #Tsah.

Kan memang sudah semestinya mereka terbang, jadi udahlah nggak usah terlalu protektif jadi majikan. Yah yah yah? Iya donggg.


      4.       Anjing

Ciee candid ciee..

Di komplek rumah gue ada beberapa tetangga yang memelihara hewan ini. Ada anjing liar, ada anjing alim, bahkan anjing elit berupa Siberian Husky yang harganya lebih mahal daripada biaya kuliah. Anjing itu ditempatkan di salah satu ruangan sebesar 3x5m, lengkap dengan 2 AC di dalamnya. (Sumpah manusia aja nggak gini-gini amat).

Dari hasil pengamatan yang gue lakukan, ngurus anjing nggak seribet ngurus beasiswa di kampus (Uhuk curhat terselubung). Paling ribetnya kalo kaki lo nggak sengaja dikira cemilan sama mereka. Lo hanya perlu memberi makan, mandiin biar mereka nggak bau, dan ajak jalan-jalan. Simple kan? Enggak? Yaudah terserah.


     5.       Nyamuk
"Nasib dah punya muka jelek, yang nulis aja nggak sudi pasang foto asli gue."


Bagian ini gue tulis bagi mereka yang nggak punya peliharaan apa-apa dirumah. Yaiyalah orang tiep malem cuma digandrungi makhluk kecil nan biadab satu ini. Kenapa gue bilang nyamuk peliharaan juga? Karena mau nggak mau ya mereka sudah duluan memenuhi kriteria peliharaan versi On The Pot.

Coba aja lo liet di sudut-sudut ruangan, mereka pasti ada. Soal makan mah nggak perlu repot-repot nyediain ini itu. Tidur aja yang pules, nggak usah mandi, jangan pake lotion anti nyamuk, niscaya besok paginya lo DBD. Karena peliharaan sendiri.



Ya gue rasa segitu aja dulu. Yang mau nambahin silahkan ke kolom komentar. Nah kalau kalian, pernah punya peliharaan apa nih?

89 komentar:

  1. Gue punya burung.........peliharaan.
    Burung nuri. Yang pernah gue ceritain di blog (kalo lo baca).Gue perlakukan dia lebih dari pacar. Gue suka kasih buah padahal gue aja jarang makan buah, gue suka ngajak main, bahkan tiap pagi sama sore gue mandiin, pacar gue mana mau gue mandiin......
    sampe akhirnya dia jinak, dan nurut sama gue. saking jinaknya, gue suka suruh belanja ke warung.....


    eh, makanan kelinci yang bagus apaan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.
      Sini linknya biar gue rusuhin postinganya. Hmm hmm gitu ya.. Pantesan jomblo. *Eh

      Wortel, kangkung, sayuran kering yang bisa dimakan. Mereka nggak bisa makan sayuran seger soalnya rentan diare, gaboleh minum juga.

      Hapus
    2. http://adiwangsa13.blogspot.com/2015/01/perkenalkan-dia-si-nuri.html

      Wah kelinci gue suka makanin rumput -_-

      Hapus
    3. Ke tkp~

      Iya mereka kalo dilepas di alam bebas suka ngemil rumput. Bandel emang abis itu pipis-pipis mulu.

      Hapus
    4. Siap. Nanti disambut.

      Terus kalo makan rumput gitu gimana? suka gue biarin aja :3

      Hapus
    5. Gue juga gue biarin kok. Kasian kalo dilarang2 melulu malah lebih bahaya bisa stres. Tapi biasanya kalo udah kebanyakan langsung gue bawa masuk kelincinya. Hahaha

      Hapus
    6. Gue gak diijinin bawa kelinci masuk. Tadinya mau diajak tidur bareng. Tapi kata nyokap gak boleh bukan muhrim. Apalagi kelincinya juga cowo :3

      Hapus
    7. Astagfirullah, untung si nuy cewok.

      Hapus
  2. Hamster juga donk
    saya punya hamster hampir 50 ekor
    haha

    pusing say jual aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hamster ya.
      Huaahh 50. Bikin peternakan hamster aja ko. Mayan~

      Hapus
    2. Ternak donk
      cz suka di kawin2in nanti jadi hamster yang bagus
      haha

      Hapus
  3. Aku pernah punya kucing.. warna putih,, matanya biru ama kuning,, udah tua sih pas belinya,, gk bisa ngurusin,, kujual murah deh.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah padahal sayang itu kucingnya. :((

      Hapus
  4. pernah juga punya kelinci,,hehehe putih-putih imut yang suka makan wortel :D

    BalasHapus
  5. Halo kak. Hewan peliharaan pertama aku ikan mas loh kaaak. Tapi gak ada tips nya disini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ikan mas. Sekarang masih hidup? :3

      Hapus
  6. adeeeek, kok engsel pintu di makan sama kucing nya -_-
    sadisss (mode afgan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gatau, kucingnya keturunannya Limbad kang.
      Hahaha.

      Hapus
    2. hahahahah, -_-. kenapa nggak beling aja dek makanan kucing nya

      Hapus
    3. Coba kang fajar aja yang kasih makan dia..

      Hapus
  7. lucu kelinci nya ya, klo merem matanya ga keliatan...

    BalasHapus
  8. Hahaha.. kasian bener dev, kelinci bisa ilang. Ck ck ck..
    Pantes dikamar gue banyak nyamuk! Rupanya gue pelihara dengan baik dan benar toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Ric, cariin dong. (Lah?)
      Eh eh berarti lo jarang mandi? Hmm hmm..

      Hapus
  9. Pernah punya kelinci, tapi kandangnya langsung ditanah. Diletakin dikayu atau kandang besi gitu dia gak nyaman, kesian kalo gak nyaman, perasaannya bisa terganggu. Tapi karena hobinya yang gali tanah nyari harta karun, kelinci gue ilang dengan meninggalkan lubang besar didalam kandang dan diluar kandang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gue baru kalo kelinci bisa bikin lubang juga. Padahal kemaren sempet kefikiran mau bikin kandangnya di luar langsung ke tanah .__.

      Hapus
    2. Kelinci bukannya memang suka gali tanah yee.

      Hapus
  10. tuh anjing mewah amat fasilitasnya...sementara kita aja gak kayak gitu...sewaktu ngekos aja ukuran kamar masih 3x4 meter dengan satu tv dan beberapa alat musik...ada kamar mandi buat anjingnya juga tuh ya gan?

    BalasHapus
  11. Devaaa, kalo 'di' yang menyatakan keterangan itu harusnya di pisah. Misal : Di luar. :p ( Sok editor )
    Hahaha sekarang nggak sempet punya peliharaan. Takut terlantar. Kan dosa.
    Dulu, sih, pernah punya ikan. Ikan Lohan, Cupang, Mas, De el el. Terus ayam-ayam gaul yang dicat warna-warni. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Icie dieditorin Yoga. Oke langsung diperbaiki!
      Gapapa Yog pelihara apa kek gitu, kecoak.
      Wah sedih amat lo berarti kalah gaul sama ayam. :(

      Hapus
  12. kelincinya lucu :3
    dulu gue punya kelinci tapi gak lama dia mati :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. :3 (Eh bukan gue ya?)
      Sama kelinci aja kayak gitu gimana sama pacar Rin. :'))

      Hapus
  13. melihara burung itu gak gampang, asal buka sangkar, mereka bisa terbang.
    hahaha, gue sedang terpikir buat melihara sugar glider..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya..
      Gue malah takut sama sugar glider. Matanya kayak ngajak berantem -__-

      Hapus
    2. tapi kalau di tv-tv gitu mereka agak lucu, tapi yang paling kampret adalah mereka nggak bisa hidup sendirian.
      mereka bisa stress katanya kalau sendirian, jadi harus hidup beberapa -__-

      Hapus
    3. Sama kayak kelinci dong. \:D/

      Hapus
  14. Dulu sempet pelihara marmut, kelinci, sama hamster. Yg marmut cepet banget beranak pinak. Yg kelinci sama hamster cepet banget matinya :(

    Sekarang pelihara kucing, tp ga dimasukin ke ruangan AC biar gak songong. Masa tuannya gak pake AC, kucingnya di-AC-in? :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru tahu kalo marmut cepet beranak. Iya kelinci sensi soalnya -__-
      Hahaha kucing. Lucu tuh..

      Hapus
  15. Aku punya kucing, Dev. Dulu sempet sampai nembus 11 butir jumlahnya. *keren kan?*
    Sekarang tinggal 3 kucingnya.
    Kalau kelinci, dulu pernah punya sepasang. Berhubung yang cowok mati, esok harinya yg cewek dibikin sate sama papi tanpa ijin sama sekali ke aku. Tau tau udah mateng aja. Abis itu trauma miara kelinci lagi. Takut kehilangan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset. Ternakin aja neng. Kok tinggal 3? :o
      Hiyaaah itu kelincinya kok disateinnn. :(((

      Hapus
  16. Kelinci emang ribet :'D Paling sensitif kalo udah kena udara dingin atau bener-bener kepanasan. Dulu, waktu aku melihara kelinci, udah berkali-kali kelinciku mati karena gak bisa ngerawat. Jasadnya doi selalu jadi kaku. Entah kenapa. Sekarang udah gak berani pelihara kelinci lagi. Cuma burung sama ikan doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Emang kelinci kayak gitu. Mereka egois. Tapi gue sayang. :( (Lah?)
      Wah burung sama ikann..

      Hapus
  17. Lucu kelincinya. Saya favorit sama kucing. Lucu, gemesin, unik suka nyolong uang rakyat. Nice share....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa kucing ngambil uang rakyat. :))

      Hapus
  18. Punya hewan peliharaan ya, itu masuk di daftar resolusi 2015 akuuu hahaha
    ada saran nggak hewan peliharaan yang cocok buat pemula apa? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah resolusi. Hmm peliharaan untuk pemula ya.. Hmm. Coba naga rim.

      Hapus
  19. Kemana mana hewan yang paling mudah buat dipelihara ya itu Kucing. Ngasih makannya simpel, bisa joinan makan bareng sama kita-kita, kalo mau selfie gampang tinggal dikasih kamera. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya makanya kata gue ini peliharaan sejuta umat. \:D/

      Hapus
  20. cieee yang ganti template... cieee
    gue kirain ngomongin si adi, eh... ternyata peliharaan beneran yak. ooh

    trus keleincinya ilang? rasain. mau pamer sih lo. tpi aneh juga sih, namanya moci, tapi jantan. kucing nmanya panter, tpi cewe. jgan'' lo namanya deva, tpi cowo yak. astagfir... _ _"
    mksud lo, 'Tuh, kelinci aja harus ada pasangan, masa lo betah sendiri? :p', apa ini? mau di doain sama para jomblo biar apa nih? biar apa, HAH?!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie yang baru kesini lagi cie.
      Hahaha tabok juga nih.

      ITU MOCI ARTINYA MOCIPOK WOY. DASAR MUSUH ULTRAMEN.
      Hahahaa ampun ampunn.

      Hapus
  21. Pangeran di kerajaan punya banyak kucing. Tetep, mereka bentuknya kaya Wortel. Karena di kerajaan Wortel, semuanya mirip wortel. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kucing ya. Hahaha kok bisa? :D

      Hapus
  22. Lucu-lucu sih binatang peliharaanya, tapi gue sih kayaknya gak bakalan bisa ngurus atau ngejaga binatang tersebut. Ngejaga hati aa gue gak bisa. Yaelah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Hening...
      *Lalu berkaca...
      Dan bilang pada dirisendiri "Hari gini jomblo, gue cuma belum siap melihara cewek :D"

      Hapus
  23. Kucing. Dia biasanya suka tidur dipunggung aku kalo lagi tengkurep..

    BalasHapus
  24. Mau sih gue melihara hewan, katanya stress ilang kalo main sama hewan peliharaan. Tapi gue mikir ngurusin tainya bikin gue lebih stress lagi.. :|

    pelihara ikan aja ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. EMANG IKAN GA BUANG HAJAT JUGA DIK?

      Hapus
  25. Saya lebih suka pelihara kura kura, mungkin karena umurnya bisa lebih tua dari hewan peliharaan lainnya, dan bisa menurun ke cucu di kemudian hari. hehe

    BalasHapus
  26. kelinci binatang yang unyu tapi gue gasuka kalo dia lompat-lompat. kucing juga lucu kecuali pas dia pup. gue gak melihara binatang apa-apa karena dirumah gak mau ribet, paling juga melihara pou hehehe

    salam kenal ya Deva :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya terus masa kelinci melata. :((
      POU! Gue juga punya. Hahaha.

      Salam kenal juga ya. :)

      Hapus
  27. Ah, konspirasi lagi. Jangan2 itu nyamuk-nyamuk dikosanku semuanya peliharaan kamu. Hayo ngaku! Genit2 kali nyamuknya

    BalasHapus
  28. Rakus banget kucing, engsel pintu aja diembat apalagi gebetan temennya sendiri.

    BalasHapus
  29. Gue sempet melihara kucing, tapi akhirnya dijual. Mulai kurang ajar sih. Lama2 kucingnya jadi majikan, manja banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung majikannya nggak ngucing ya..

      Hapus
  30. Jangan nyayang kucing terlalu berlebihan deh. Entar jatohnya kayak Kuro, kalok uda digendong ngga mau dilepas. Beraaaaaat! :'

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. mata si moci dijual terpisah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha asli ini komenannya ngakak.

      Hapus
    2. kemaren ke alpa midi, ada yang jaul mata tuh dev, minat? haha

      Hapus
    3. Minat? PING ME. (INI APASIH)

      Hapus
    4. ((INI KODE) sini PIN buat di PING!!
      nah, nanti bakal gitu balesnya -_-

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Masyaallah, kelincinya lucu banget sist...
    tapi saya lebih suka kcing, masih kucing kampng sih tapi nggak masalah yang penting lucu buat diajak main.

    BalasHapus

Oit! Buru-buru amat. Sini ngasih komen dulu. Kali aja kita nyambung, gitu.

Copyright © Fredeva is designed by Fahrihira