11/03/2015

Di Sela-Sela Hujan

          84 Comments   
Selalu ada cerita dibalik derai hujan dan rintik gerimis yang jatuh.
Gue, punya segudang cerita tentang hujan.

Bagaimana dia pernah menemani gue menunggu kala itu, bagaimana hujan menimbulkan cemas ketika gue dan dia membuat janji bertemu, dan, bagaimana hujan mengenalkan gue tentang cinta.
Buat gue, cinta itu sederhana. Yang bikin ribet adalah pelakunya.

Seperti beberapa minggu yang lalu, ketika gue terlibat percakapan di telfon bersama seorang teman, Lucky.

Malam itu, kita berdua ngobrolin soal Manado dan Jakarta yang menurut dia jauh, sedangkan menurut gue jaraknya deket-deket aja. Toh, masih Indonesia ini. Yang jauh, kalau lo sendiri yang mutusin buat nganggep itu demikian.

Setelah beberapa lama topik kami diisi obrolan ngalur ngidul, Lucky tiba-tiba iseng nanya,

“Eh, menurut lo, perbedaan antara suka, sayang, sama cinta itu apa?”

Menanggapi ini, gue diem sebentar, mencoba mencerna pertanyaannya.

Dan di sela-sela hening yang tersisa, gue jadi inget seseorang.
Dia, yang membuat gue patah hati.

Iya, buat kalian yang udah main ke blog Adi dan baca postingannya belum lama ini, pasti udah tahu kalau kita berdua emang udah putus. Tapi satu hal yang mau gue klarifikasi dari tulisan tersebut adalah, yang mengambil keputusan waktu itu Adi. Bukan gue. Memang, beberapa bulan sebelum pisah kita berdua sering berantem. Dan akhirnya, masalah-masalah yang kita fikir bakal selesai dengan kita cuekin aja, malah berujung berantakan.

Itu semua kemauan gue. Gue emang paling males mempermasalahkan sesuatu yang sudah berlalu. Makanya, tiap kali berantem dan Adi nyoba ngebahas soal itu, gue langsung males dan iya-iyain aja. Besok-besoknya, kita pasti ketemu masalah dan perdebatan yang sama.

Terlebih lagi, mungkin karena di Manado gue tinggal sendiri, gue jadi rentan kesepian.
Gue butuh temen ngobrol.

Sedangkan Adi, dengan kesibukan dan emang bawaannya cuek, gak bisa selalu ada untuk itu. Gue sendiri bingung sama cinta, disaat yang satunya berjuang buat hubungan mereka, selalu ada aja faktor yang kurang, bahkan hilang.

Gue, kehilangan perhatian.

Ketika gue mencoba mencari kesibukan lain biar nggak kefikiran, Adi malah mikir hubungan kita bakal gitu-gitu aja terus. Sama-sama sibuk, ujung-ujungnya gak bisa ada waktu lagi buat berdua. Giliran ada waktu, pasti ketiduran atau salah satunya memang gak terbiasa.

Contoh kecilnya, yah, ini.

Jujur, gue paling seneng dengan obrolan larut malam, karena memang biasanya di waktu-waktu tersebut seseorang akan cenderung lebih lepas dan apa adanya dengan yang dia rasakan. Ini sangat bertolak belakang dengan Adi, dimana dia paling gak suka ngobrol apalagi telfonan di larut malam. Makanya, gak jarang ketika Adi udah tidur, kerjaan gue cuma melek dan mondar mandir di timeline menjelang subuh.

“Dev? Woi! Lu tidur?”
“Nggak. Belum. Sampe mana tadi?”
“Yaelah. Jadi menurut lo, perbedaan antara suka, sayang, sama cinta apa?”

Gue menarik nafas sebentar, kemudian mengutarakan semuanya. Definisi apa adanya yang terlintas di fikiran ini. Cinta, yang selalu sederhana untuk gue.

Pada saat kamu suka pada seseorang, kamu akan memaksanya menyukaimu. Pada saat kamu sayang pada seseorang, kamu akan membiarkannya memilih. Dan pada saat kamu mencintai seseorang, kamu akan selalu menantinya dengan setia.
Suka adalah hal yang menuntut. Sayang adalah hal yang memberi dan menerima. Cinta, adalah hal yang memberi dengan rela.
Ketika orang yang kamu sukai menyakitimu, kamu akan marah dan tak mau lagi bicara padanya. Ketika orang yang kamu sayangi menyakitimu, kamu akan menangis untuknya. Dan ketika orang yang kamu cintai menyakitimu, kamu akan berkata, ‘Tak apa, dia hanya tak tahu apa yang dia lakukan.

Gue dan Lucky kembali terdiam sebentar. Sesaat setelah mengutarakan itu, hati kecil gue seolah berbisik sesuatu.


Yes sir, I’m losing you,
But I’m finding myself now
.


84 komentar:

  1. Wah, Dev. Jadi bingung mau komen apa. Semoga keputusan ini yang terbaik.

    Btw, quote kamu bagus tuh. Tentang cinta, sayang dan suka. Cinta itu seperti sikap yang superior dan tangguh. Saya setuju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. :))

      Hehehehe iyaa. Nuhun yaa~

      Hapus
  2. Semoga yang terbaik buat kalian berdua. :)

    Dan, Cinta itu memang searah..

    BalasHapus
  3. wah gue malah baru tau lo sama dia pacaran....

    dari postingannya udah ketahuan ini kayanya sedih banget..tapi gue yakin ini pasti yang terbaik. nah disini kan yg mutusin si dia jadi itu diluar kendali lo. kalau gue sih percaya bahwa sesuatu yang terjadi di luar kendali kita, itu pasti dikendalikan langsung sam Tuhhan, dan sesuatu yag dikendalikan langsung sama tuhan itu pasti yang terbaik. mungkin lo blm bisa melihat sisi "hikmah" nya sekarang, tapi nanti pada waktunya lo akan berkata "coba dulu gue gak putus sama dia pasti sekarang gue gak akan ...... (biasanya yang titik2 ini selalu diisi sama hal hal yang baik)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.
      Iyaa mbak makasih yaa. :))

      Hapus
  4. Semoga ini cara yang terbaik untuk dijalankan bagi kalian :)

    Nah... 3 kata itu mirip sama gue tes kerja di salah satu media online "Sebutkan 5 sinonim cinta"? Gue ga tau huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Yahahaha kang Aruf telat sih main kesininya :3

      Hapus
  5. Ada kadaluarsanya ya?

    Yah, gue mah ga paham apa definisi dan perbedaan antara suka, sayang ataupun cinta. Masih neubie gue kayak begituan. Bahahahah

    Yg gue lkuin skrg paling hnya mndoakan sosok yg gue dambakan. Meskipun dia ga tau, yah... sneng aja ngelakuinnya. Doa scara diam". Asique~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manado-jakarta masih deket kok. Lah, mesir-jakarta tuh yg lumayan. kgen sma kluarga gue jdinya 😢

      Hapus
    2. Ada, lah.

      Iye ya Pao, dikedipin cewek yang lagi kelilipan aja mimisan lo.

      Sini sini Indonesia~

      Hapus
  6. Gue suka dan pernah bikin kalimat awal lo yang keren tuh beberapa tahun yang lau. yang lo bilang "cinta itu sederhana. Yang bikin ribet adalah pelakunya."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pertama nulis kutipan itu siapa, sih? Gue juga pernah nulis kayak gitu soalnya. :D
      Well, pemikiran setiap manusia banyak yang sama, kok. :))

      Hapus
    2. Setau gue yang ada kata pelakunya Aliit deh :))

      Hapus
    3. Tapi bodo amat lah... hak cipta sesungguhnya mah tetep Allah SWT.

      Hapus
  7. Suka bagian ini: "Tak apa, dia hanya tak tahu apa yang dia lakukan."
    Hah~ Dev... :'(

    Aku, sih. Mau dia kayak apa dan gimana juga aku masih cinta. Cinta ini akan selalu memaafkan~

    Etdah. Dia siapa coba? Gegayaan. Baper dini hari, nih. :"
    Hehe.

    Semangat Devaaaa! :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main cium aja, nih. Mentang-mentang udah available. :|

      Hapus
    2. Iyaa Rim. Hehehehe.

      Siapa, nih? Yoga? eh keceplosan..

      Makasih sayaang :*

      Hapus
  8. kata-kata yang tulisan miring keren, apalagi kalimat yang terakhir...
    keep semangat, keep silaturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe nuhun kang. Iyaa in shaa Allah :))

      Hapus
  9. *Baca sambil denger lagunya Aron - Baper*

    BalasHapus
    Balasan
    1. *komen sambil dengerin lagunya Maher Zain - In shaa Allah*

      Hapus
  10. Oh, jadi perbedaan suka, sayang, dan cinta seperti itu. *manggut-manggut*
    Gue selama ini nggak pernah cari tahu definisinya. Karena hal kayak begitu lebih asyik dirasain dan dinikmati, bukan dijelaskan lewat kata-kata. Apa sih, Yog?!

    Hmm... semoga yang terbaik buat kalian berdua. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jomblo sok-sokan banget ngomong ngerasain cinta :'))

      Aamiin.

      Hapus
  11. Saya pikir kamu masih jadian sama adi, moga itu keputusan yang terbaik untuk kalian berdua yaa :)

    Hampir sama juga kalau di suatu hubungan terus ada berantemnya saya juga males ngeladenin yang ada malam saya diemin itu malah bikin rumit keadaanya hmmm :)

    BalasHapus
  12. Hujan selalu bisa membuat otak ini mendapatkan inspirasi untuk menulis :-D

    BalasHapus
  13. Aduh quotenya keren, atau lebih tepatnya dibilang puisi. Iya puisi dari hati. Biasanya orang-orang galau gampang banget buat nyiptain kata-kata melankolis. Btw penulis novel romance apa galau terus ya?
    Yah jadi bingung sendiri dah. Cepat mupon ya. Masib banyak onta di padang pasir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak lagi puisi ah :))
      Gu gak galau \:D/

      Hapus
  14. Gue bingung mau ngemeng apa wkwk sama kaya komenan di blog adi, ya semoga yang terbaik buat kalian berdua (:

    Tetap jalin silaturahmi sesama blogger yak! Kip bloging coeg :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Gak usah ngomong Lam. Bisik aja sini.

      Yaiyalah :v

      Hapus
  15. gatau kenapa, suka euy sama tulisannya.
    tentang hujan dan cinta.

    BalasHapus
  16. hmm masa iya kesepian di Manado deva ? kan ada Dian :)
    Hehehe.. btw ngak peduli keputusan adi atau deva yang penting sama - sama saling merelakan yang telah usai.
    keep moving forward untuk kalian berdua :)

    BalasHapus
  17. Walahh lu putus, padahal serasi :D

    BalasHapus
  18. "Tak apa, dia hanya tak tahu apa yang dia lakukan." hah~

    Baru mampir udah baca beginian. Hujan hujan, lo bikin galau jan. Btw semoga lo dapet yang terbaik. Salam kenal Dev.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha why~

      Aamiin. Salam kenal juga yes~

      Hapus
  19. "Jatuh cinta perkara mudah, tapi melupakan butuh waktu" Mungkin ini salah satu ujian, ujian hidup. Dan mungkin kalian lagi ngalamin patah hati, berat sih tapi itu adalah proses.

    BalasHapus
  20. Semoga itu semua pilihan yang tepat yah mba Dev

    Saya suka tuh sama makna suka,sayang, dan cinta "Suka adalah hal yang menuntut. Sayang adalah hal yang memberi dan menerima. Cinta, adalah hal yang memberi dengan rela"

    BalasHapus
  21. Ini gue jadi baper karena ngebahas soal cinta, sayang dan suka. Ditambah lagi nuansa ujan nya.

    Gue jadi jatuh cinta...

    Sama kang baso.

    BalasHapus
  22. Perlu ikut sedih ga nih gue ? haha, semangat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedihnya boleh dipake beli gorengan gak?

      Hapus
  23. Ah, suka banget sama definisi suka, sayang, dan cinta yang lo buat.

    Eniwei, semoga itu jalan terbaik ya, Dev! :)

    BalasHapus
  24. Kok hampir-hampir mirip ya ceritanya sama gue? Hmm.. Tapi gue udah males sih bahas-bahas yang udah kejadian. Jadi ya lupain aja. I know what you feel, Dev. Tetap semangat ya! Masih ada kisah yang harus dijalani. Jangan diam di tempat karena satu masalah. Fighting!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu dia. Hehehe. Hatur nuhun akaang~

      Hapus
  25. Kok jadi bahas mantan? Jadi gak enak bacanya hahahaha *baper*
    Btw, perbedaan suka, sayang, cinta gitu yah. Udah mulai jadi pakar cinta nih atau penulis cinta :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan di gaenakin, Gus.
      Ah, hanya kebetulan :v

      Hapus
  26. Yossh neng Deva. Semangat :))
    Apapun itu keputusannya, ini memang lu yg sebenernya.

    You're finding urself now :)

    BalasHapus
  27. Kalau definisi tentang nyaman, gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Kalau nyaman itu gimana kak?

      Hapus
    2. Nyaman itu waktu kita lagi di cafe, diluar gerimis, wifinya kenceng, suasana hangat, terus ada cowok yang kita taksir nemenin kita ngobrol sambil senyum-senyum bikin mimisan :))))

      Hapus
  28. pada akhirnya semua berjalan seperti apa adanya, apapun yang terjadi pasti akan terjadi, sabar aja kaka. aku esdih acanya

    BalasHapus
  29. memandang cinta dari sisi ms. deva..
    cinta memang simple. selain pelaku yang memperumit, terkadang waktu juga ikut memperumit.
    hujan memang selalu membawa berjuta cerita... udah masuk november sama desember udah deh... waktu2 terbaik untuk baper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kesannya jadi kayak pakar banget gue yak padahal mah apaan :v
      Nah iya betul.
      Kuat-kuatin hati ya, Jep \:b/

      Hapus
  30. Sedih pasangan Favorit pisah :(( adi sama deva itu paket komplit banget lahh. Tapi, mungkin memang seperti ini jalannya.

    Kalau memang jodoh, tak kan kemana. Tetap semangat, Deva.

    Btw, bagi suara bagusnyaaaa domg devvvv. Ihhh bikin envy suaranya :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak ilah, Bang. Namanya juga belum jodoh. Biasa lah itu. Hehehe.

      Yosh maaciw \:3/

      Hahahaa ambil bang ambill.

      Hapus
  31. Semoga mendapatkan yang lebih baik. Aamiin.. Ah, peluk kamoh! :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin allahumma aamiin. Makasih cantik :*

      Hapus
  32. Turut prihatin bahwa berita berakhirnya hubungan kalian berdua ternyata benar. Turut prihatin dev, semoga segera bisa menemukan "dirimu"..

    BalasHapus
  33. Aku bacanya ikut sedih. Jadi inget momen menyakitkan saat hujan turun. Duh nyess...
    Pantesan, pas aku liat lamannya gitu nggak ada jarakdekat... Emaap kak... Udah lama nggak BW jadi jarang baca-baca lagi. Hm. Aku ikut sedih, sabar ya kak... Dibalik semua itu pasti ada hikmah dan sesuatu yang lebih baik dari itu. :)
    Aku suka banget penjelasan kakak yang bedanya suka, sayang sama cinta. Duh, nambah open minded, biar pikiran nggak ketutup karena galau. Makasih kak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya kali ya. Hujan bener-bener deh.
      Makasih, Riskaa. :))

      Hapus
  34. Yahh aku baru tau soal ini, aku mah apa ketinggalan mulu.
    Semoga cepet nemu hati yang baru deva dan tidak kesepian lagi :)

    BalasHapus
  35. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus

Oit! Buru-buru amat. Sini ngasih komen dulu. Kali aja kita nyambung, gitu.

Copyright © Fredeva is designed by Fahrihira