1/08/2016

Kadang Hidup Perlu Ditertawakan

          106 Comments   
Kita sempurna, mungkin sebaliknya. Mungkin kita takkan pernah menyesal.
Kita bisa sedih, mungkin bahagia, mungkin kita satu slama-lamanya.
Maybe, we should try.

Pembuka diatas adalah kutipan lagunya The Overtunes-Mungkin, yang juga jadi soundtrack film NGENEST-nya Ernest Prakarsa. Empat kali gue nonton film ini, empat kali juga perasaan gue dibikin naik turun kayak di kora-kora. Baperin banget!

Pecah!


Kisah Ernest dan Meira disini mungkin merupakan konflik yang jarang terjadi dalam suatu hubungan. Awalnya kita dibikin ngakak nggak karuan. Setelah masuk di pertengahan, ketika mulai ada masalah-masalah, mendadak seisi teater bungkam. Hati berasa dicolek-colek pake tusuk gigi. Kesel, sedih, marah, baper. Bahkan dikali keempat gue nonton, gue masih aja mewek sama setiap scene antara Ernest dan Meira.

Ernest



Ngomongin tokoh utama, sejak kecil dia sering diledekin karena punya penampilan yang berbeda dari teman-temannya. Yak, mata minimalis, alias sipit. Karater Ernest disini kocak, asik, nggak tahu maunya apa, dan demen banget meluk sahabat satu-satunya, Patrick.





Meira



Cewek yang sukses bikin  Ernest melek dan ngebatalin niatannya buat ngundurin diri di tempat kursus Mandarin. Meira ini manis, suaranya istri-able, perhatian, dan sesekali kocak juga kayak Ernest. Dia nggak neko-neko. Pernah suatu waktu Ernest dan Meira lagi di mobil dan tiba-tiba penyiar di radio ngomongin soal pedekate. Meira nggak nyaman dan langsung nyeletuk,

“Pe-de-ka-te. Pendekatan. Apaan sih. Kalau pacaran ya pacaran aja. Nggak usah pake pedekate segala.
“Hah?!”
“Iya. Ngapain coba. Yang pasti-pasti aja. Kalo nggak cocok kan tinggal putus. Lo maunya apa?”
“Ya… Jadian.”
“Yaudah kalo gitu jadian.”
“……”
“Gue agak agresif ya?”
“Nggak. Nggak agak agresif. Tapi Agresif banget. Hahaha. Gue cuma heran aja. Kayaknya ini adalah proses jadian teraneh di sepanjang peradaban manusia modern.”

Mereka berdua ketawa. Sampai ketika Ernest ngeledekin selera musik Meira.

“Lagian ini lagu apaan, sih, nggak jelas.”
“Ya kalo nggak suka turun aja, Pak.”
“Becanda.. Becandaa... Masa tega nurunin pacar sendiri.”

Ernest dan Meira lihat-lihatan, tersenyum lebar, lalu ngomong,

“CIEEEEEE!!!”

Secara bersamaan.

Bagi yang udah nonton trailernya, mungkin udah tahu kalau Ernest emang nyari jodoh pribumi biar bisa memperbaiki keturunan. Ini dilakukan untuk menghindari pem-bully-an yang sudah turun temurun terjadi di kalangan orang sipit. Setelah berhasil menikahi Meira, Ernest malah timbul keraguan baru. Yak. Takut anaknya nanti malah mirip dia, bermata minimalis. Disaat yang sama pula, Meira udah ngebet pengen punya anak. Preasure yang datang dari berbagai sudut membuat Ernest stress.

Jujur, ada beberapa scene nggak terduga yang bikin penonton (apalagi cewek-cewek) mendadak nangis karena ngerasa lagi di posisinya Meira. Salah satunya adalah ketika Meira ninggalin Ernest di jalan dan memilih pulang sendiri karena pertengkaran yang itu-itu aja. Ernest belum siap punya anak.



Selain mereka berdua, tokoh lainnya juga ada Patrick, sahabat Ernest yang nemenin dia dari pas masuk SD. Patrick jugalah yang sering jagain Ernest kalau diledekin. Mereka punya tempat rahasia berdua di salah satu rooftop bangunan lama, hasil nemu ketika lari dari tukang palak. Patrick pula-lah yang ngajarin satu teori sederhana pada Ernest ketika dia sempat ragu memulai sesuatu dengan Meira.

Filosofi Tokai.
Berawal dari keikhlasan, biarkan mengalir, mengambang, mengikuti arus. Let it flow~



Selebihnya, nonton langsung aja, deh. Sumpah filmnya seru dan nggak ngebosenin. Banyak pelajaran untuk hubungan yang diambil dari konflik-konflik yang dijejelin di film ini. Pokoknya, film terbaper sepanjang 2015 versi On The-Va adalah... NGENEST!

(Yang mau liet beberapa adegannya juga ada di videoclip The Overtunes - Mungkin)









Kadang hidup perlu ditertawakan.

106 komentar:

  1. belom sempet nonton filmnyaaaaa.. :D
    baca bukunya juga baru yang pertama...
    hhihihi..

    paling nunggu muncul di tv.. hehehe..
    btw pertamax sist!!!

    BalasHapus
  2. oh si patrick sekarang udah jadi sahabatnya ernest
    terus spongbob gimana nasibnya?
    kasian spongbob, sahabatnya main film tapi g ngajak2

    BalasHapus
  3. aku ngrasa ini kisah nyatanya ernest ...soalnya pernah nemu blognya istrinya juga (dan itu memang bukan chinese hehehhe), keren...coba deh pev cari blognya istrinya ernest....

    klo bagian yang paling bikin pnasaran buat nonton justru pas doi jadi anak abg, soalnya ada kevin anggara...pnasaran aja ama acting doi yang klo di blog gokiel abiz..hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang based on true story kok, Teteh Nita :D

      Kevin actingnya kereenn.

      Hapus
  4. Aaaaaaaakkkkk ... pengen nonton dan kondisi lagi pulkam .. kota lahir gue, bioskopnya masih muterin suster Keramas 2 .. :'(
    Syuedih ..

    Udah baca Ngenest 1 dan 2 sih .. penasaran aja sama ko rnest nggabungin ketiga novelnya menjadi satu film ..
    Hmmm .. moga2 tanggal 15 masih nangkring ni film di bioskop 21 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahhahahk. Gue antara mau sedih apa ngakak. Suster keramas dua njir :'v

      Aamiin. Kayaknya masih deh. Pokoknya pas balik kudu nonton yak!

      Hapus
  5. PENGEN BANGET NONTON FILMNYA KO ERNEST.

    Tapi disini gak ada bioskopp huuuu :'(

    BalasHapus
  6. Duh, gue ingin nonton ini. Masih ada di bioskop gak ya?

    BalasHapus
  7. Duhmanasaya belum sempat nonton nih
    Arrrgghhh kalau diceritain doang kayaknya kurang seru nih
    Tapi ini kan tanggal tua *pura-pura lupa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah nonton ateuh Akang.
      TANGGAL TUA PALELU MELETAK!

      Hapus
  8. wew... menarik juga film nya, seperti biasa tapinya.. gak bakal ke tonton, anak masih kecil2, blom bisa dibawa ke bioskop buat liat yg kayak ginian, :p

    suatu saat mungkin...

    BalasHapus
  9. On the Va. On Deva. Di dalam Deva. Bisa aja lau.

    Saya akui Ngenest emang film paling bikin baper. Beruntung Ernest dapet Meira, begitu sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa terus dong..

      Iyaaa. Bikin iri ya :'v

      Hapus
  10. filmnya ringan, tapi bikin baper xD

    BalasHapus
  11. yah depp dari soundtracknya aja udah bikin baper.. the overtunes lagi. Huuu'.. keingat dia.~eh apaan nih ?
    apalagi yg jdulnya Dunia Bersamamu dan Sayap Pelindungmu. Uhuy~

    serius tuh 4x nonton ? gue aja baru liat trailernya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh apaan tuh. Hahahha.

      LO WAJIB NONTON, YAN.

      Hapus
  12. hahahaha.. gue belum pernah nonoton..
    semoga cepet tayang di bioskop TV. :D :D

    BalasHapus
  13. Nyari orang yang mau di ajak nonton dulu dah...

    BalasHapus
  14. Nonton 4x, Dev? Gue sekalipun belum. Kadang hidup perlu ditertawakan. HAHAHA. GUE BELOM NONTON WOY. AHAHAHAHA.

    Yang filosofi tokhay itu leh ugha. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAUDAH NONTON MAH NONTON AJA KALI YOG MASA KUDU LAPORAN KE GUA. HAHAHAHA.

      Iya dongs~

      Hapus
  15. film kampret dan terbuset diawal tahun

    BalasHapus
  16. Belum sempat nonton filmnya., tapi sepertinya filmnya seru !!

    BalasHapus
  17. Dari trailernya kayak yang seru banget tapi gimana ya belum sempet nonton film yang single aja belum di tonton neng deva :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. MENDING INI AJA DULU BARU SINGLE AYOK.

      Hapus
  18. ''.. lo maunya apa? ''
    '' Jadian. ''
    '' Yaudah jadian. ''
    Bhahahaa itu proses jadiannya sesimple itu ya Dev? Yaolooh

    FIX. PENGEN NONTONN ITU :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Kata Ernest proses jadian teraneh di sepanjang peradaban manusia modern :'D

      YAK BAGUS!

      Hapus
  19. sesuka suka nya film, belom pernah nontonnya sampe 4x. warbiyasak kamu dev

    BalasHapus
  20. Huahaha. Si Meira agresif juga ya. Tapi kalau si Meira nggak gitu, mungkin mereka nggak jadian, bahkan nikah kayak sekarang. *Emma Stone sotoy*

    Pengen nonton. Tapi kayaknya bakal nonton sendirian (lagi). Mau nonton sama adek, dianya mau nonton Pay The Ghost, film horror. Sedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tipe Ernest yang kayak gitu kali ya :3

      Yaudah nonton aja sendiri, Maaas. Aku juga sendiri kok kemaren. *malah tjurhat*
      Duh waktu itu abis nonton dan lagi di toilet trus mbak-mbak yang jaganya lagi ngobrol gitu, katanya Pay The Ghost serem abis .____.

      Hapus
  21. pengen nonton ini sih, tapi mager hueha,

    BalasHapus
  22. .Cara jadiannya bisa ditiru gak tuh ya kira-kira? Greget :v

    .Belum nonton ini, pengen nontonnya, tapii males karna #Sendiri -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok ateuh :v

      Yee gue aja nonton sendiri terus gapapa masih sehat sampe sekarang :v

      Hapus
    2. .Haha alhamdulillah kalau masih sehat. :D
      .Nunggu di TV aja ah. Biarpun scenenya kepotong iklan. :'v

      Hapus
  23. pecah abis baru gue mulai bacanya juga apalagi nonton filmnya (jombloakut) pokoknya sendiri itu NGENEST :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lo ngambil kesimpulan sendiri itu NGENEST, berarti lo belom pahamin bener-bener ceritanya v

      Hapus
  24. Punya duit gue nonton, belum punya duit tapi udah ga tayang di tw, gue tunggu downloadannya aja, ah dev :"

    BalasHapus
  25. Kita sempurna, mungkin sebaliknya. Mungkin kita takkan pernah menyesal.
    Kita bisa sedih, mungkin bahagia, mungkin kita satu slama-lamanya.
    Es krim enak... es krim enak... emm~ enak gitu loh!

    BalasHapus
  26. Boleh juga tuh cara jadiannya haha.
    Hmmm bikin baper ya filmnya. Jadi mau nonton deh, masih ada gak ya.
    Ohia, salam kenal kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh palelu meledug :(
      Masiiiiihhh. Sekarang udah tembus 500k penonton lho. Yook!
      Salam kenal juga :D

      Hapus
  27. Aku dari kemaren-kemaren malah penasaran sama karakter Patrick... Itu endingnya dia kenapa sih? Bakalan ada sesuatu yang gak disangka-sangka gitu kah? Huaaa belum nontonnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada deh :p
      Makanya nonton ateuh, Neng geulis. Masa aku spoiler :'v

      Hapus
    2. Belum sempat ke bioskop atuh kaaaak~

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Gila lu sampe 4 kali, satu kali lagi jadi panca sila. Gue cuma punya satu bukunya, tp ga apalah, toh udah disatuin difilmnya, jd ga perlu beli 2 bukunya lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha naon euy jadi ke Pancasila -___-"
      Yaudah nonton :3

      Hapus
  30. Aku tipe orang yang nungguin pilemnya tayang di tipi. karena hidup kadang harus sabar.
    aku salah satu orang yang udah tau ernest waktu di SUCI 1 nih.

    BalasHapus
  31. Selera orang emang beda-beda, ya. Entah kenapa gue malah kurang suka sama Ngenest. Lucunya sih dapet. Gue paling inget pas Ernest ngatain selera musiknya Meira yang kayak pemuja setan itu. Cuman, gue rasa konfliknya kurang kena. Dia trauma masa kecil karena sering dibully. Tapi kalau diingat2, dia gak terlalu depresi amat tuh di masa kecilnya. Hepi-hepi aja dia. Kenapa pas gede dia ketakutan bgt gitu mau punya anak?
    Di situ sih yang kurang menurut gue.. Sok bgt ya gue?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gitu ya. Gue malah suka banget .___.
      Apa kita bisa ngomong gitu karna kita nggak lagi di posisinya Ernest(?) :v

      Hapus
  32. Tertawalah tertawalah tertawalah sebelum tertawa itu di larang

    BalasHapus
  33. belum sempat beli bukunya dev, eh udah jadi film -__- ternyata saya begitu lambat. Ahelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah langsung nonton aja, Van. Apa kalo emang niat nonton sambil baca bukunya dalam teater :p

      Hapus
  34. CINAAAAA......
    film nya emang gokil ya, lebih gokil daripada perkiraan awal gue. adegan-adegannya pecah banget men... scene favorit gue tetep scene kondom. waktu ernest masuk selimut lalu mengambil body lotion mei dan menjadikannya pelumas :")) belum lagi ditambah scene si mei kaget terus nanya "ada gempa ya?" itu gokil abis men..

    padahal konfliknya dari awal sampai akhir sama: gara-gara cina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YES! AKHIRNYA ADA YANG SEPEMIKIRAAAN!!! Aaaakk terharu :'))
      Gue juga ngakak di scene itu. Selain lucu banyak yang baperin juga yak :'v

      Hapus
  35. Kayanya serudeh.
    belom sempet nonton sih. :3

    BalasHapus
  36. Udah baca buku-bukunya... dan MAU NONTON, TAPI NANTI KALO ADA YANG MAU BAYARIN. BHAHAHA. MARI MENERTAWAKAN HIDUP. HAHAHAHA.

    BalasHapus
  37. Balasan
    1. Ajak mas-mas yang jaga xxi cafe aja, Mbak.

      Hapus
  38. Tadi baca fisolofinya keren banget, setelah baca baca reviewnya ini beneran kisah nyata.. jadi pengen nonton :3

    BalasHapus
  39. Yosh!

    Masuk dalam daftar "To watch" nih kayaknya
    banyak banget yang reviewww

    BalasHapus
  40. Wiih... Kayaknya seru banget ya...

    Namanya pasangan harus saling melengkapi dong, kalo gak ada yang agresif gak bakal ada yang mau memulai..

    Ash jadi pengen nonton.. tapi sama siapa... ckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong. Seruu :D

      Hahaha betul. Nanti sama sama pasif :v

      Sini sama aku ajaaa.

      Hapus
  41. bener juga sih, kadang hidup perlu ditertawakan. Btw, lala karmela kalo item2 gitu, manis juga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Lala Karmela manisnya kebangetan. Bikin diabetes pas nonton :')

      Hapus
  42. Nggak ada bioskop.. :( (2)
    Salam kenal juga kak bidadari :)

    BalasHapus
  43. Aku nunggu film nya nonggol di SCTV aja :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah. Masa ongkos buat trip aja tumpah-tumpah tapi buat nonton ini di bioskop aja kudu mikir A >.<"

      Hapus
  44. ga sabar mba. liat film ini. tp kemaren ga sempet nonton. nunggu di rentalan ada. wkkw

    BalasHapus
  45. Anak-anak komunitas Standup di kota gue kemaren pada ngajak nobar film ini. Tapi gue gak ikut karena ngerasa udah tau jalan ceritanya, soalnya gue udah punya bukunya dari 2tahun lalu. Taunya filmnya juga keren... Nyesel ga ikut nobar ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah hahaha songong sih :p Pecah banget parah.

      Hapus
  46. Download bajakannya di mana ya? :))))))

    BalasHapus
  47. Iya tuh, Ernest pengin memperbaiki keturunan.

    Udah bosan dibully dia :)

    BalasHapus
  48. Film pertama ernest ini trbilang sukses di belantika perfileman indonesia. Diankat dari buku triloginya, kyknya dia gk mau kalah sama si radit. Tpi klo dianalisis baik, baik. Film nya si ernest ini bisa dbilang paling maju-mndur2 cantik2 (apasih -,-)

    Pkoknya salut deh sama sutradaranya (ernest) Oiya dev, nonton filmnya smpe 4 kali? serius itu? Coba deh, adegan iklan nya yg mna aja? (Huehehe)

    BalasHapus
  49. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    BalasHapus

Oit! Buru-buru amat. Sini ngasih komen dulu. Kali aja kita nyambung, gitu.

Copyright © Fredeva is designed by Fahrihira