14 Agustus 2021

Dasar-dasar dalam Bermain Baseball

Dasar-dasar dalam Bermain Baseball

Dasar-dasar dalam Bermain Baseball - Permainan baseball atau kasti merupakan permainan beregu yang dilakukan dengan memukul bola kecil menggunakan bat atau pemukul. Dalam melakukan permainan kasti, pemain tidak hanya harus menguasai tekniknya saja. Pemain baseball juga harus memiliki pengetahuan tentang peraturan dari permainan tersebut.

Istilah Penting dalam Permainan Baseball. Berikut peraturan dasar permainan baseball: Permainan baseball dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan sembilan pemain. Posisi, peran dan tugas diatur tersendiri oleh tiap regu.

Permainan berlangsung selama 9 babak. Jika setelah sembilan baba, hasilnya masih seri maka akan diadakan babak tambahan untuk menentukan pemenang. Pergantian urutan batter atau pemukul tidak dapat diganti. Kecuali mendapat izin dari wasit, namun batter tersebut harus tetap memukul sesuai urutan pemain. Jika seorang batter atau pemukul berhasil memukul bola, maka mereka harus berusaha lari secepat mungkin menuju base pertama.

Saat mencapai tiap base, para base runner haruslah menyentuh base dengan beberapa bagian tubuh, misalnya kaki dan tangan. Tiap batter atau pemukul mendapatkan hak untuk memukul sebanyak tiga kali. Jika batter gagal memukul bola, maka mereka tetap harus dan diperbolehkan untuk berlari menuju base pertama.

Saat berada di base, batter bisa dengan bebas berlari ke base berikutnya kapan saja. Lapangan bermain baseball terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian tengah serta luar lapangan. Pada bagian tengahnya terdapat empat home plate. Hendaknya pada tiap base diberikan garis dasar yang menjadi penanda.

Pada tiap inning atau babak, setiap regu mendapat giliran untuk memukul bola. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah pemain yang berhasil lari. Setelah seorang batter berhasil memukul bola, mereka secara otomatis menjadi seorang base runner.

Tentunya setiap pemain baseball harus memiliki pengetahuan yang baik terkait peraturan permainan tersebut. Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), permainan kasti membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan.

Apa saja Dasar-dasar dalam Bermain Baseball?


Dasar-dasar dalam Bermain Baseball

Baserunner Seorang baserunner harus berlari dari base pertama hingga base terakhir atau melakukan home run. Batter Batter adalah seorang pemukul dalam permainan kasti. Seorang batter harus memiliki kemampuan memukul bola yang baik agar bisa melakukan home run.

Pitcher juga sangat berperan penting dalam permainan baseball. Seorang pitcher harus bisa menangkap semua bola yang dilempar oleh pemain kawan ataupun dari batter. Pitcher sangat berperan penting dalam mencegah baserunner berlari ke base berikutnya atau melakukan home run.Tim yang mendapat giliran memukul berusaha mencetak angka.

Setiap tim harus mengumumkan daftar nama pemain dan urutan giliran memukul yang disebut daftar lineup. Daftar lineup tidak boleh diganti atau diubah selama jalannya pertandingan, tetapi pemain yang terdaftar di dalam lineup bisa ditarik dan digantikan dengan pemain baru yang tidak ada di dalam daftar lineup. Pemain baru hanya bertindak sebagai pemukul pengganti (pinch hitter) bagi pemain yang digantikannya sedangkan urutan giliran memukul tidak berubah.

Setelah kesembilan pemain selesai mendapat giliran memukul, giliran memukul kembali ke pemain yang berada di urutan pertama daftar lineup. Pelari (runner) yang berhasil kembali ke home plate dan mencetak angka bagi timnya harus meninggalkan lapangan sampai pemain tersebut mendapat giliran memukul lagi.

Demikianlah Artikel mengenai Baseball semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda mengenai Permainan Baseball. Terimakasih.
Dasar-dasar dalam Bermain Baseball
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon