29 November 2021

7 Manfaat USG 4D di Kehamilan Trimester ke 3

7 Manfaat USG 4D di Kehamilan Trimester ke 3

Mengapa pemeriksaan USG 4D ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil? Alasannya USG 4D berbeda dengan USG lainnya yaitu menampilkan video bayi dalam rahim lebih jelas dan detail. Biaya USG murah di Bekasi bisa dilakukan di Klinik Kehamilan Sehat.

Bagaimana cara kerja USG 4D, manfaat yang didapatkan untuk ibu hamil maupun dokter, dan hal apa saja yang harus dilakukan akan dijelaskan di bawah ini.

Mengenal USG 4D


USG 4D adalah jenis pemeriksaan pada pemindaian perut ibu hamil yang menggunakan gelombang berfrekuensi tinggi. 

Hasil dari USG 4D berbeda dengan USG 2D yang hanya menampilkan bentuk janin lebih detail, USG 4D menghasilkan video gerakan bayi. Bahkan tangkapan dari USG 4D bisa melihat senyum atau kedipan mata bayi. 

Mulai tertarik dengan USG 4 dimensi? Bisa cek biaya USG murah di Bekasi.

Proses Pemeriksaan USG 4D


Proses pemeriksaan USG 4D sama dengan USG 2D yaitu perut ibu hamil dibaluri dengan gel khusus yang bisa menghantarkan gelombang ke rahim ibu sehingga bisa dipindai dengan transduser. Hasil dari pemindaian ini akan terlihat pada layar USG.

Alasan Melakukan USG di Trimester 3


Usia kandungan yang tepat untuk melakukan USG 4D ketika memasuki trimester 3 yaitu 26 minggu hingga 30 minggu. Jika kurang dari 28 minggu, wajah bayi belum terlihat jelas karena belum banyak lemak yang ada di bawah kulit. Jika setelah 30 minggu bayi sudah memasuki jalan keluar sehingga wajah tidak akan terlihat.

Pada usia 26 hingga 30 minggu air ketuban ini masih banyak sehingga pengecekan bayi masih terlihat jelas. Untuk melakukan pemeriksaan tidak ada patokan khusus usia kandungan yang pas untuk USG 4D. Lebih baik menanyakan ke dokter kandungan sebaiknya sejak usia berapa bisa melakukan pemeriksaan USG ini.

7 Manfaat Pemeriksaan USG 4D


Manfaat Pemeriksaan USG 4D

Melakukan pemeriksaan USG 4D tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil saja melainkan untuk dokter kandungan juga. Mengapa penting untuk dokter kandungan dan ibu hamil? Berikut manfaat yang bisa dirasakan dari hasil USG 4D. Ada biaya USG murah di Bekasi di Klinik Kehamilan Sehat.

1. Melihat Momen Bayi dalam Kandungan


Bagi orang tua melihat tingkah bayi dalam kandungan memberikan rasa bahagian yang tak terkira. Bentuk video yang dihasilkan dari USG 4D menampilkan gerakan bayi, kedipan mata, sedang bernafas, bahkan sedang menguap. Itulah momen-momen yang bisa dilihat dengan USG 4D.

2. Mengetahui Detak Jantung


Detak jantung bayi sebagai tanda bahwa bayi masih hidup dalam kandungan Ibu. Dengan mengetahui detak jantung bayi bisa melihat adakah kelainan jantung yang bisa terdeteksi sedini mungkin. Jika bayi berdetak dengan normal maka bisa dibilang kandungan sehat.

3. Melihat Bentuk Bayi Secara Jelas


Hasil video 4D di layar monitor bisa memperlihatkan gerakan dan bentuk bayi secara jelas dan detail. Sehingga sebagai orang tua bisa dengan leluasa melihat bayi yang dikandungnya. Bagi dokter bisa melihat apakah bayi berkembang dengan benar dan sempurna sesuai dengan usianya atau ada hal yang perlu diperhatikan lebih detail.

4. Mengetahui Posisi Plasenta


Letak plasenta bayi bisa menjadi acuan dalam proses kelahiran. Jika plasenta bayi letaknya normal maka bisa melahirkan secara normal. Terkadang ada plasenta yang melilit leher bayi sehingga sedikit beresiko jika lahir secara normal. Hal ini bisa terlihat dengan jelas menggunakan USG 4D. Dokter bisa tenang jika kondisi plasenta baik-baik saja.

5. Deteksi Dini Gangguan Janin


Dengan USG 4D dokter bisa melakukan pemeriksaan sejak dini adakah gangguan yang terjadi pada janin. Seperti kelainan bayi, perkembangan organ bayi, dan perkembangan bagian tubuh bayi lainnya. Memeriksa sejak dini bisa melakukan penanganan yang tepat untuk janin dan ibu.

6. Sebagai Prosedur Diagnosis


Untuk melakukan diagnosis pada kesehatan ibu hamil dan janinnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan salah satunya dengan USG. Tahapan lain untuk proses diagnosis dengan mengambil sampel air ketuban, pemeriksaan kromosom, darah, dan hormon. Dengan melakukan semua prosedur dengan baik dokter bisa mendiagnosis gejala apa yang terjadi pada ibu hamil dan janinnya.

7. Melihat Perkembangan dan Pertumbuhan Janin


Perkembangan dan pertumbuhan janin sangat penting untuk diperiksa agar bisa melihat apakah bayi dalam keadaan sehat atau perlu penanganan khusus. Dengan melihat secara jelas dari USG 4D dokter bisa melihat pertumbuhan maupun perkembangan bayi dengan detail.

Betapa banyak manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan USG 4D di trimester 3 kehamilan ibu. Untuk melihat kesehatan bayi secara detail sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diharapkan bisa dilakukan penanganan sedini mungkin. Untuk biaya USG murah di Bekasi bisa berkunjung ke Klinik Kehamilan Sehat. Klinik yang mengedepankan kelahiran secara normal.
7 Manfaat USG 4D di Kehamilan Trimester ke 3
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon