20 November 2021

Apa itu Chain Block?

Apa itu Chain Block?

Bagi Anda yang sedang mencari chain block, perlu mengenal terlebih dahulu chain block tersebut. Chain block adalah alat mekanik/hoist manual yang memiliki tali berbentuk rantai, fungsi utamanya sebagai alat angkat barang/beban dan bervolume. Jenisnya berdasarkan merek dan kapasitas angkutnya. Ada yang chain block 5 ton hingga 20 ton.

Kapasitas Maksimum Chain Block


Kapasitas beban yang bisa diangkut oleh chain block, dari chain block 0,5 ton, chain block 1 ton, chain block, 2 ton, chain block 3 ton, chain block 4 ton, chain block 5 ton, chain block, 10, chain block 15, chain block 20 ton, dan chain block 30 ton.

Merek dan Jenis Chain Block


Merk chain block yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain Toyo, Powertec, dan Elephant. Setiap merek memiliki kelebihan masing-masing.

Chain block setiap merek mengeluarkan terobosan terbaru untuk memberikan layanan yang prima terhadap pelanggan dan mengikuti perkembangan zaman. Ada dua jenis yaitu elektrik dan manual.

Bahan, Kerangka, Fitur dan Fungsi Chain Block


Bahan yang umumnya digunakan pada chain block bagian katrolnya adalah dari baja. Bahan ini yang membuat hoist menjadi ringan, tahan terhadap air, tidak mudah karat dan tahan terhadap perubahan suhu. Sehingga penggunaan bisa dalam ruangan maupun luar ruangan.

Kerangka ciri khasnya adalah chain/rantai, kerangka lainnya ada hand chain, roll/pulley, gear/roda gerigi, hook block/pengait, dan crane bagian atas.

Fitur hook block yang fungsinya sebagai pengait, ada dua hook, untuk dikaitkan dengan beban yang disimpan di bawah, dan hook bagian atas yang dikaitkan dengan crane. Setiap hook memiliki tambahan keamanan yaitu latch yang berguna untuk cengkraman kaitan lebih aman.

Fitur rantai, ada dua jenis rantai. Rantai yang langsung terhubung dengan beban, fungsinya untuk mengangkat beban dan rantai tangan yang fungsinya untuk menarik rantai beban. Rantai ini biasanya dilapisi baja agar tidak mudah berkarat. Dan ketahanannya lebih lama.

Fitur lainnya adalah tambahan dari merek untuk menaikan keunggulan masing-masing merek. Misalnya tambahan fitur double pawl spring .

Fungsi chain block secara sederhana untuk memindahkan atau mengangkat beban sehingga memudahkan pekerjaan manusia. Chain block ini sering digunakan di pergudangan, proyek konstruksi, atau perlogistikan.

Dari kapasitas beban dari chain block 0,5 ton, chain block 5 ton hingga 30 ton memiliki lokasi penggunaan yang berbeda-beda. Kapasitas 10 hingga 30 ton untuk industri-industri besar.

Keunggulan dari menggunakan chain block adalah harganya yang lebih murah dari jenis hoist lainnya. Selain itu alatnya juga mudah dipindahkan dan tahan terhadap karat. Sehingga penyimpanananya bisa lebih lama. Meski murah tapi kualitasnya tetap bagus.

6 Tips Memilih Chain Block


6 Tips Memilih Chain Block

  1. Carilah katrol yang memiliki bahan ringan namun kuat. Contohnya bahan utamanya dari baja. Bahan ini ringan dan mudah untuk dipindah-pindah lokasi. Sehingga bisa digunakan diberbagai tempat.
  2. Chain block memiliki sertifikat resmi dari perusahaan yang mengeluarkannya. Adanya sertifikat ini sebagai bentuk keaslian alat mekanik dan aman untuk digunakan. Maka Anda perlu mencari supplier yang bisa menjamin keaslian alat dan sertifikatnya.
  3. Alat mekanik bisa digunakan berbagai industri dan terbukti keamanannya. Bisa ditentukan tinggi penempatan katrol sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan kegunaannya.
  4. Terdapat keamanan tambahan untuk keamanan penggunanya. Terutama tambahan keamanan di brake chamber. Hal ini untuk mengurangi kecelakaan maupun kesalahan dari awal.
  5. Carilah toko yang memiliki banyak jenis baik merek maupun kapasitas bebannya. Sehingga bisa membandingkan dan memilih merek mana yang akan digunakan.
  6. Sebisa mungkin toko yang menjual paham betul dengan kebutuhan lifting. Juga memiliki spare part yang dibutuhkan jika ada yang hilang atau sudah rusak.

Untuk mendapatkan chain block yang asli dan beragama jenisnya bisa kunjungi di Megajaya.co.id. Megajaya sebagai supplier merk Powertec, Toyo, dan Elephant.

Megajaya memiliki jualan khusus untuk kebutuhan peralatan maupun perlengkapan angkat beban/lifting. Dari jual hoist, kawat seling, tali tambang, chain block dan lainnya. Untuk lebih mengetahui chain block 5 ton selengkapnya! Silakan kunjungi Megajaya.co.id.
Apa itu Chain Block?
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon