29 Agustus 2021

10 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

10 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

10 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka - Online learning saat ini banyak dilakukan, terutama di masa pandemi. Larangan tatap muka, rupanya tak menyurutkan niat banyak orang untuk tetap mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Salah satu caranya lewat kuliah online. Mahasiswa dan dosen tetap dapat melakukan pembelajaran, meskipun dengan jarak jauh.

Kuliah online juga dilakukan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang berada di Jakarta. Sebagaimana kampus lain, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka juga berkomitmen untuk tetap memberikan pembelajaran di masa pandemi dengan mengutamakan misi dan visi kampus.

Online Learning di Kampus UHAMKA


Online Learning di Kampus UHAMKA

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka lebih dikenal dengan nama UHAMKA. Kampus ini merupakan salah satu kampus swasta yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah di Jakarta.

Kampus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka didirikan tahun 1957 dengan nama awal Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), yang kemudian diubah namanya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta.

Sekarang namanya berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau yang lebih dikenal dengan kampus HAMKA.

Kaidah yang dibawa UHAMKA yaitu Al-qur’an dan As-Sunnah serta berasaskan Pancasila dan UUD 1945. 

Selain itu juga mengedepankan tugas Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berbunyi menyelenggarakan pembinaan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, menerapkan pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat berdasarkan tuntunan Islam.

UHAMKA sudah terakreditasi A dengan surat keputusan nomor 3128/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang dikeluarkan oleh Badan Akrediasi Nasional Perguruan Tinggi. Program yang ada di kampus ini adalah strata 1 (S-1), Diploma 4 dan juga Strata 2 (S-2).

Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka


Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Sebagai kampus yang berjalan berdasarkan asas Islam, UHAMKA memiliki 10 fakultas yang masing-masing sudah memiliki akreditasi yang bagus di bidang akademik. 

Di masa pandemi seperti ini, perkualiahan masih dilakukan secara online learning. Namun itu tak menyurutkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di sana.

Kesepuluh fakultas yang ada di UHAMKA, yaitu :

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (S-1)


Sebagai kampus yang awalnya berfokus pada dunia pendidikan dan guru, UHAMKA memiliki 7 program studi atau jurusan yang terakrediasi A dan 4 program studi yang terakreditasi B pada fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan program Strata 1 (S-1).

Program studi yang terakreditasi A yaitu jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Ekonomi.

Sementara jurusan yang terakreditasi B yaitu Pendidikan Guru Paud, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Bahasa Jepang.

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S-1)


Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki 3 program studi atau jurusan yang terakreditasi B, yaitu jurusan Manajemen, Akuntansi dan juga jurusan Ekonomi Islam.

3. Fakultas Teknik (S-1)


Program studi yang dimiliki Fakultas Teknik pada UHAMKA juga terakreditasi B. Mereka diantaranya adalah Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

4. Fakultas Ilmu Kesehatan (S-1)


Fakultas Ilmu Kesehatan mempunyai 2 program studi, yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi. Masing-masing memiliki akreditasi B.

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (S-1)


Fakultas Ilmu Sosial dan Politik hanya memiliki satu program studi yang terakreditasi A, yaitu Ilmu Komunikasi. Jurusan ini memiliki banyak peminatnya dan terbukti menghasilan lulusan terbaik di bidangnya.

6. Fakultas Agama Islam (S-1)


Ada 3 program studi yang berada pada Fakultas Agama Islam, yaitu Pendidikan Agama Islam yang terakreditasi A, Perbankan Syariah dan Pendidikan Bahasa Arab yang terakreditasi B. Meskipun begitu, pembelajaran yang diberikan tetap berkualitas dan bermutu.

7. Fakultas Farmasi dan Sains (S-1)


Fakultas Farmasi dan Sains program S-1 mempunyai satu program studi saja, yaitu Jurusan Farmasi. Meskipun terakreditasi B, namun peminat di jurusan ini banyak juga. Kualitas pembelajarannya pun tak perlu diragukan lagi.

8. Fakultas Kedokteran (S-1)


Fakultas Kedokteran memiliki satu program studi atau jurusan, yaitu Ilmu Kedokteran. Tak kalah dengan jurusan lainnya. Ilmu kedokteran juga menarik banyak peminat dan terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

9. Fakultas Ilmu Psikologi (S-1)


Ilmu Psikologi dapat dipelajari di Fakultas Psikologi yang saat ini terus dikembangkan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Kuliah online tetap dilakukan untuk mengasah kemampuan para mahasiswanya dalam menemukan kasus yang ada di masyarakat.

10. Fakultas Farmasi dan Sains (D-4)


Selain program Strata 1 atau S-1, Fakultas Farmasi dan Sains di UHAMKA juga tersedia dalam program Diploma 4 (D-4). Bedanya adalah pada nama jurusan yang ada. Jika pada S-1, jurusannya adalah Farmasi, maka Diploma 4 memiliki jurusan Analisis Kesehatan. Akreditasinya B dan mampu menelurkan para ahli analisis kesehatan yang kompeten di bidangnya.

Suasana Kuliah Online di Kampus UHAMKA


Kuliah di kampus UHAMKA sangat menyenangkan. Berdasarkan dari banyaknya rekomendasi di sana, suasana belajar di UHAMKA nyaman dengan faslitas pembelajaran yang lengkap. 

Letak kampus yang berada dekat dengan kuliner setempat pun memudahkan mahasiswa ketika ingin mencari makanan di dekat kampus.

Kegiatan pendukung kampus juga banyak dan membantu mahasiswanya untuk berprestasi. UHAMKA menerapkan jalus tes masuk untuk mahasiwanya dan kesempatan mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi.

Hal ini didukung dengan kualitas dosen yang mumpuni dan mampu memberikan pembelajaran pada mahasiswanya. Baik secara online maupun melalui kuliah online.

Tertarik untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Langsung saja datang ke lokasinya yang berada di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
10 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon