11 Februari 2022

7 Jenis Asuransi Mobil yang Harus Anda Ketahui

7 Jenis Asuransi Mobil yang Harus Anda Ketahui

Asuransi mobil menjadi hal yang patut dipertimbangkan ketika memiliki kendaraan, terutama mobil. Apalagi situasi di jalanan tidak menentu. Asuransi mobil memberikan perlindungan kepada mobil Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tertabrak, dicuri, bahkan terkena bencana alam.

Melindungi mobil dari segala kerusakan sudah menjadi tanggung jawab pemiliknya. Semuanya bisa dilakukan dengan memberinya asuransi mobil terbaik.

Apa itu Asuransi Mobil ?


Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap mobil dari berbagai kerusakan. Baik kerusakan yang bersifat kecil sampai kerusakan parah dan hilang.

Kerusakan mobil yang terjadi nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi mobil. Besarnya pergantian ganti rugi disesuaikan dengan besarnya premi dan juga jenis asuransi mobil yang dipakai.

Besaran premi yang harus dibayar oleh nasabah atau pemegang polis asuransi sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan surat edaran OJK nomor 6/SEOJK.05/2017. 

Melalui penetapan premi ini, nasabah tidak perlu khawatir karena besaran premi sudah didasarkan pada banyak faktor dan memiliki landasan hukum. Jadi tidak sembarangan.

Jenis Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Jenis Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Perusahaan asurani mobil ada beragam. Masing-masing memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan jenis asuransi mobil dan besarnya premi yang harus dibayarkan. Ada perusahaan asurasi mobiil yang mengganti keseluruhan biaya kerusakan, namun ada juga yang hanya mengganti sebagian kerusakan saja.

Beberapa jenis asuransi mobil yang perlu utuk diketahui diantaranya :

1. Asuransi All Risk


Asuransi all risk adalah asuransi mobil yang menanggung semua biaya kerusakan mobil. Baik kerusakan kecil seperti lecet atau tergores, sampai kerusakaan parah akibat akibat kecelakaan, kebakaran atau bencana alam dan hilang.

2. Asuransi TLO


Asuransi Total Loss Only atau TLO adalah asuransi mobil yang akan mengganti biaya kerusakan mobil sebagian saja. 

Biasanya kerusakan yang parah sampai merusak 75% bagian mobil sampai mobil rusak total. Kerusakan kecil seperti tergores atau lecet, tidak akan bisa diklaim dengan asuransi TLO ini.

3. Asuransi Mobil Gabungan


Asuransi mobil gabungan adalah asuransi yang menggabungkan antara asuransi all risk dan TLO. Asuransi gabungan ini biasanya diberikan pada mobil yang dibeli secara kredit. 

Pada tahun pertama, mobil akan diberikan perlindungan asuransi all risk. Sementara tahun berikutnya, perlindungan mobil ditetapkan pada asuransi TLO.

4. Asuransi Mobil Perluasan


Asuransi mobil perluasan adalah asuransi yang memberikan perluasan jaminan perlindungan terhadap mobil Anda. Jadi tidak terpaku pada kecelakaan atau kehilangan saja, tapi lebih luas lagi.

Perluasan perlindungan terhadap asuransi jenis ini diantaranya perlindungan terhadap banjir dan angina topan, gempa bumi dan tsunami, huru-hara atau kerusuhan, terorisme atau sabotase, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri penumpang serta tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

5. Asuransi Mobil Collision Coverage


Asuransi mobil collision coverage adalah asuransi yang memberikan ganti rugi kerusakan mobil akibat kecelakaan sesuai harga mobil yang dimiliki nasabah. Selain itu asuransi ini juga menanggung biaya pengobatan yang dialami nasabah akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi.

6. Asuransi Mobil Liability Insurance


Asuransi mobil liability insurance adalah jenis asuransi mobil yang mirip dengan asuransi mobil collision coverage. Hanya saja asuransi mobil liability insurance akan menambahkan perlindungan berupa jaminan biaya tagihan medis akibat kecelakaan yang dialami oleh pemegang polis.

7. Asuransi Personal Injury Protection


Asuransi personal injury protection adalah asuransi yang memberikan perlindungan berupa ganti rugi atas kecelakaan yang menimpa nasabah selama berkendara. Bukan hanya itu, jika nasabah membawa penumpang dalam mobilnya, biaya pengobatan nasabah beserta penumpangnya pun akan ditanggung.

Dari semua jenis asuransi mobil yang ada, maka asuransi all risk memilik keunggulan yang lebih karena menaggung semua biaya kerusakan mobil. Baik kerusakan yang ringan maupun parah. Tentu saja ini menguntungkan bagi nasabah karena perlindungan mobilnya bisa maksimal.
7 Jenis Asuransi Mobil yang Harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon