15 Februari 2022

Tips Membeli Spare Part AC Agar Tidak Salah Beli

Tips Membeli Spare Part AC Agar Tidak Salah Beli

Air Conditioner atau AC saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki di rumah atau perkantoran. Apalagi jika rumahnya ada di kota besar yang bersuhu udara panas. Berbeda dengan rumah di desa yang mendapatkan AC alami dari alam di sekitarnya.

Kebutuhan penting akan AC ini membuat pemiliknya harus bisa merawatnya dengan baik. Saat rusak, carilah spare part AC yang kualtasnya baik. Namun memilih spare part AC yang bagus membutuhkan ketelitian yang tinggi, agar AC dapat kembali bekerja dengan baik setelah diperbaiki.

Apa sih AC itu?


Air Conditioner atau disingkat AC adalah mesin elektonik yang digunakan untuk menstabilkan suhu ruangan. Sebenarnya fungsinya bisa untuk mendinginkan atau memanaskan suhu di sekitarnya, namun kebanyakan orang menggunakannya untuk mendinginkan ruangan. Terutama jika suhu ruangan sedang panas.

Suhu ruangan dapat diatur menggunakan AC. Apakah 25 derajat celcius, 20 derajat celcius, atau suhu yang lebih rendah dari itu. Pengaturan disesuaikan dengan keinginan pengguna sampai sejauh mana kesejukan yang diinginkan dalam ruangan tersebut.

Selain sebagai pendingin udara, AC juga dapat digunakan untuk melembabkan udara dan membersihkanya. Udara pun jadi lebih sehat dan sejuk.

Apa saja Spare Part AC


Dalam menjalankan fungsinya, AC bekerja menggunakan komponen atau spart part AC yang terbari dalam 4 bagian. Komponen tersebut diantaranya :

1. Komponen Utama


Spare part AC yang utama yaitu kondensator, kompresor, evaporator dan pipa kapiler. Kondensator berfungsi untuk mengubah wujud refrigerant dari gas ke cair, setelah itu menukar kalori atau panas dan menurunkan suhu refrigerant.

Kompresor berfungsi seperti jantung pada manusia, yaitu memompa refrigerant ke seluruh komponen AC lainnya. Sehingga suhu ruangan menjadi lebih dingin. Aliran suhu dingin ini berjalan melewati evaporator yang mengubah refrigerant cari menjad gas melalui pipa kapiler.

2. Komponen Pendukung


Setelah komponen utama yang sifatnya vital bagi AC, ada juga komponen pendukung yang tak kalah pentingnya seperti strainer, accumulator, blower serta fan atau kipas.

Strainer berfungsi untuk menyaring kotoran di dalam refrigerant. Sementara accumulator berguna untuk menampung sementara refrigerant cair bersuhu rendah. Udara panas dihisap oleh blower dan dibuang melalui kipas.

3. Kelistrikan


AC bekerja menggunakan tenaga listrik. Karena itulah di dalamnya juga ada komponen listrik yang berfungsi vital terhadap kinerja AC. Komponen kelistrikan yang dimaksud berfungsi sebagai thermostat, kapasitor, overload serta motor listrik yang menjadi energi untuk menggerakkan kipas AC.

4. Refrigerant


Refrigerant adalah zat yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Zat ini mengalir dalam spara part AC dan berubah wujud terus menerus dari gas ke cair, lalu ke gas lagi. Gunanya untuk menstabilkan udara dari panas menjadi lebih dingin dan sejuk.

Tips Membeli Spare Part AC yang Baik Agar Tidak Salah Beli


Tips Membeli Spare Part AC yang Baik Agar Tidak Salah Beli

Saat AC rusak, jangan langsung memperbaikinya tanpa diselingi pengetahuan mengenai spare part AC. Perhatikan dulu bagian atau komponen mana yang rusak. Lalu belilah spare part AC sesuai dengan bagian yang rusak.

Masalahnya, tak semua spare part AC memiliki kualitas yang bagus. Agar tidak salah beli, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan saat membeli spare part AC, seperti :

1. Pastikan Spare Part AC yang Dibeli Asli


Saat membeli spare part AC, pastikan spare part AC yang dibeli adalah produk asli atau original. Hal ini penting karena produk yang asli biasanya lebih awet dan daya tahannya bagus. Berbeda dengan produk yang tidak original yang mudah rusak.

Spare part AC yang terkenal original adalah dari produk Daikin Indonesia. Spare part AC Daikin Indonesia terpercaya dan kualitasnya bagus, sehingga dapat membuat AC kembali bekerja dengan lebih baik.

2. Perhatikan Harga Spare Part AC


Harga spare part AC juga harus diperhatikan. Bandingkan dulu harga dari beberapa spare part AC yang berbeda, lalu sesuaikan dengan budget yang ada. Jangan terpaut pada harga yang murah tanpa memperhatikan kualitasnya. Perhatikan juga kualitas barangnya.

Daikin Indonesia memberikan harga spare part AC yang terjangkau dengan kualitas produk yang terbaik. Daftar harganya dapat dilihat di websitenya www.daikin.co.id

3. Pilih Tempat yang Menawarkan Spare Part AC Lengkap


Membeli spare part AC yang tepat adalah langsung ke tempat resminya. Jangan membeli ke tempat yang tidak resmi karena produk yang dijual belum tentu original atau asli.

Daikin Indonesia menjual spare part AC dengan lengkap dan dijamin asli. Ketersediaan spare part AC pun dapat memenuhi kebutuhan perawatan AC hingga 10 tahun sejak AC diperbaiki. Kelengkapan spare part AC ini tentu saja memudahkan perawaran AC, sehingga tak perlu ganti-ganti tempat service.

Nah itu dia beberapa tips agar tidak salah membeli spare part AC. Pastikan untuk membeli spare part AC di Daikin Indonesia yang terbukti lengkap, menjual produk original dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Selamat mencoba tipsnya ya.
Tips Membeli Spare Part AC Agar Tidak Salah Beli
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon