24 Mei 2024

Ini Hidden Gem Gulai Kambing yang Enak dan Bikin Nagih di Bandung!

Ini Hidden Gem Gulai Kambing yang Enak dan Bikin Nagih di Bandung!

Ini Hidden Gem Gulai Kambing yang Enak dan Bikin Nagih di Bandung!
Admin Jaga Malam
Ini Hidden Gem Gulai Kambing yang Enak dan Bikin Nagih di Bandung!

Sekilas tidak akan ada yang menyangka bahwa Warung makan Sate dan Gule Pak Mino adalah warung makan legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1984 dan terus ramai dikunjungi oleh para pelanggannya hingga tahun 2024 ini. Saat ini warung sate dan gulai kambing Pak Mino telah dikelola oleh generasi ke-2 alias anak dari Pak Mino.

Lokasinya yang bersembunyi alias ngumpet di gang sempit, memberikan kesan bahwa warung makan tersebut hanya lah warung makan biasa. Padahal warung Pak Mino ini justru merupakan hidden gem di Kota Bandung yang menyajikan hidangan gulai kambing yang lezat.

Wajib untuk pecinta kuliner mencicipi gulai sajian Warung Pak Mino apabila sedang berkunjung ke Bandung. Warung ini memiliki alamat lengkap di Jl. Cisanggarung no.11, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gulai kambing adalah satu dari sekian banyak masakan tradisional khas Indonesia yang menggunakan bahan dasar kambing. Campuran bumbu yang beragam dan kuah santannya membuat masakan ini terasa lezat dan gurih di mulut.

Hidangan gulai kambing yang disajikan di Warung Pak Mino menggunakan campuran daging kambing, jeroan (otak, kaki, lidah, telinga, usus, dan lain-lain), serta daging kambing yang masih menempel di tulang belulang.

Sekilas tampilan dan isi hidangan tersebut mirip dengan kuliner tengkleng yang banyak ditemukan di Kota Solo, hanya saja gulai kambing memiliki perbedaan di variasi bumbu dan kuah yang menggunakan santan serta memiliki cita rasa yang lebih gurih dan pedas jika dibandingkan dengan tengkleng.

Uniknya, hidangan gulai kambing di Warung Pak Mino menggunakan campuran santan encer, sehingga kuahnya tidak terlalu kental dan lengket tapi tetap kaya akan rempah. Hal lain yang membuat masakan gulai kambing di Warung Pak Mino menjadi spesial adalah bahan dasarnya yakni daging kambingnya menggunakan kambing yang masih berusia di bawah tiga bulan.

Sehingga daging kambing tersebut memiliki tekstur empuk dan juicy alias berlemak. Daging jenis ini juga populer di Jawa Barat, dikenal dengan istilah batibul (bawah tiga bulan). Bahkan daging kambing yang disajikan di Warung Pak Mino bisa dipotong hanya dengan menggunakan sendok, sama sekali tidak perlu effort lebih.

Kelezatan yang sama juga dapat ditemukan di sate kambing yang juga jadi menu andalan di Warung Pak Mino. Sang pemilik warung yang merupakan anak Pak Mino menjamin rasa yang disajikan tetap terjaga dan sama sejak berdiri tahun ’84 karena resep bumbu yang digunakan dipakai secara turun-temurun dan tidak pernah diubah.

Bagi Anda yang hobi kulineran atau cinta dengan masakan-masakan tradisional khas Nusantara, Anda dapat menjadikan website Indonesia Kaya sebagai referensi Anda ketika berkunjung ke daerah tertentu.

Indonesia Kaya adalah portal informasi yang menyimpan berbagai informasi mengenai kuliner di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari docang, barongko, tiwul hingga sate buntel. Warung Pak Mino mulai buka pada pukul 07.00-12.00 WIB.

Tapi bagi Anda yang tidak ingin kehabisan menu-menu andalan di Pak Mino, maka lebih baik datang lebih awal, karena tempat ini tergolong populer di warga lokal dan turis. Harga menu yang disajikan di Warung Pak Mino dipatok mulai dari harga Rp 55-58 ribu.

Meskipun hidden gem, popularitas Warung Pak Mino semakin naik setelah beberapa kali diliput oleh food vlogger seperti Nex Carlos dan Benoe Buloe.
Ini Hidden Gem Gulai Kambing yang Enak dan Bikin Nagih di Bandung!
4/ 5
Oleh
Add Comments