19 Desember 2020

4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Bidadarimagang.com - Sembelit atau susah BAB (Buang Air Besar) merupakan jenis penyakit yang umum dialami oleh bayi. Namun hal tersebut tidak dapat dianggap remeh atau dibiarkan hingga berlarut – larut.

Untuk mengatasi sembelit yang dialami bayi Anda akan lebih mudah jika para orangtua mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Penyebab Sembelit Pada Bayi

Penyebab Sembelit Pada Bayi


Salah satu tanda sembelit pada bayi yang umum adalah bayi tidak BAB minimal 3 kali dalam seminggu. Ciri sembelit pada bayi lainnya adalah tinjak keras dan sulit keluar. Dan berikut ini adalah penyebab utama sembelit pada bayi yang penting untuk Anda ketahui. 


Bayi Baru Diberi MPASI


Sembelit biasanya terjadi pada bayi yang mengalami transisi. Dikarenakan sistem pencernaan bayi yang belum terbiasa menerima makanan padat, tak ayal yang demikian terkadang membuatnya menjadi susah BAB. 


Bayi Kekurangan Cairan


Adapun penyebab sembelit pada bayi lainnya adalah karena kekurangan asupan cairan. Diketahui, kekurangan cairan dapat menyebabkan kotoran menjadi lebih keras sehingga sulit untuk keluar. 


Pengkonsumsian Susu Formula Tertentu


Dibanding ASI, susu formula tertentu memiliki komposisi nutrisi yang sulit dicerna. Hal ini kemudian menjadi penyebab utama tinja bayi lebih keras dan sulit keluar, hingga akhirnya bayi mengalami sembelit. 


Kondisi Medis Tertentu


Penyebab lainnya anak susah BAB adalah karena kondisi medis tertentu. Bayi dibawah usia 6 bulan, beberapa penyebab sakit sembelit yang paling umum, yakni karena alergi susu sapi, sakit celiac, hipotiroid, hirschprung, kelainan sumsum tulang belakang dan lain sebagainya.


4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi


1. Ubah atau Ganti Susu Formula Bayi


Apabila selama ini bayi hanya mengkonsumsi susu formula, maka Anda perlu diskusikan dulu dengan dokter atau bidan untuk mengganti merek atau takaran susu formula yang akan dikonsumsi si kecil. 


2. Memanfaatkan Pelembut Tinja


Bisa pula dengan menggunakan pelembut tinja untuk cara mengatasi sembelit pada bayi. Namun, pastikan sudah sesuai dengan anjuran dokter. Pelembut tinjak diketahui dapat membantu meredakan sembelit yang diderita bayi. Silakan tambahkan pelembut tinja ke dalam susu bayi dan berikan 3 kali sehari. 


3. Membiasakan Duduk di Toilet Secara Teratur


Untuk bayi usia 1 – 2 tahun, cara mengatasi sembelit yang dideritanya adalah dengan membiasakan duduk di toilet secara teratur. Hal tersebut bisa dilakukan sekitar 3 – 5 menit setelah makan. Anda bisa meminta anak untuk duduk di toilet meski tidak merasa ingin BAB. 


Agar anak merasa lebih nyaman saat BAB di toilet, silakan ciptakan suasana yang nyaman. Dengan cara tersebut diharapkan agar Anda bisa belajar merespon keinginannya sendiri untuk BAB dengan selalu duduk di toilet.


4. Memberikan Makanan Tinggi Serat


Lalu untuk yang satu ini juga bisa diterapkan pada bayi usia 1 – 2 tahun  yang sedang sakit sembelit. Tambahkan serat dari 3 porsi sayuran dan buah – buahan setiap hari. Namun demikian, Anda tetap harus mengutamakan memberikan asupan serat dari buah berkulit yang bisa dikonsumsi anak secara langsung. Contohnya buah plum, persik, apel atau prune. 


Selain buah, Anda juga bisa memberikan roti gandum dan susu tinggi serat pada si kecil. Hindari memberikan sereal instan seperti rice bubble atau corn flake. 


Demikian informasi seputar cara mengatasi sembelit pada bayi. Semoga bermanfaat.

4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon