21 Desember 2020

6 Manfaat Susu Cair untuk Tubuh

6 Manfaat Susu Cair untuk Tubuh

Susu cair menjadi idola bagi para pecinta susu, karena sangat praktis dan tinggal minum. Dibandingkan dengan susu jenis lainnya seperti susu bubuk atau kental manis, jenis susu ini juga lebih mudah untuk diaplikasikan ke dalam berbagai jenis makanan, utamanya untuk membuat puding dan es krim.


Selain susu tanpa rasa alias plain (original, asli dari peternakan tanpa tambahan bahan lain), banyak juga susu dengan aneka macam rasa.


Dengan adanya macam-macam rasa seperti cokelat dan vanilla, maka makin banyak anak-anak yang suka dengan susu. Bahkan juga ada susu yang dicampur dengan buah, seperti susu pisang, susu melon dan susu strawberry. Kandungan gizi yang ada di dalamnya juga menjadi lebih melimpah.

Manfaat Susu Cair untuk Tubuh

Lantas apa saja manfaat susu cair untuk tubuh? Apalagi untuk anak dalam usia pertumbuhan. Simak di bawah ini:


Mencukupi Kebutuhan Nutrisi untuk Tulang 


Ini adalah salah satu manfaat yang paling disukai oleh masyarakat, sebab memberikan cukup nutrisi untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak-anak kita. 


Hal itu bisa terjadi karena dalam susu terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium adalah komponen penting untuk menyusun tulang dan gigi anak-anak. Bahkan memiliki peranan penting juga dalam sistem kerja otot tubuh anak.


Baik untuk Perkembangan Otak Anak


Perlu diketahui bahwa perkembangan otak anak di masa pertumbuhan begitu penting, dan butuh asupan lemak untuk melengkapinya. Beda halnya dengan orang dewasa yang baiknya menghindari makan makanan dengan lemak tinggi. Mencari susu full cream bisa menjadi pilihan untuk anak-anak kita.


Menjadi Sumber Energi  yang Baik


Manfaat susu cair yang satu ini masih memiliki hubungan dengan kandungan lemak di dalamnya, sebab bisa menjadi sumber energi yang baik. Tak hanya didapatkan dari karbohidrat saja, namun juga dengan lemak yang ada di dalamnya bisa jadi sumber energi, sehingga anak bisa beraktivitas dengan aktif. 


Membantu Dalam Penyerapan Vitamin


Berbagai vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari makanan butuh waktu untuk diserap tubuh, dengan mengonsumsi susu ternyata bisa membantu dalam hal ini. Kandungan alami susu bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan menyebarkannya ke dalam tubuh. 


Menjadi Penunjang Tumbuh Kembang si Buah Hati


Dalam susu juga terkandung protein, dan kandungan ini adalah makronutrien yang peranannya sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak-anak kita. 


Protein juga sering disebut sebagai zat pembangun, sebab membantu pertumbuhan otot, membangun daya takan tubuh juga membantu metabolisme supaya lebih lancar. Dalam satu kotak susu, umumnya terdapat sebanyak 8 mg protein.


Sebagai Pelengkap Kebutuhan Gizi Anak


Susu cair memiliki manfaat lain yakni sebagai pelengkap kebutuhan gizi anak, sebab mikronutrien berupa mineral di dalamnya dan bahkan ditambah vitamin akan melengkapi kebutuhan gizi bagi si kecil.  


Itulah dia beberapa manfaat susu cair bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Supaya tidak bosan, maka kita bisa mengkreasikan susu menjadi aneka olahan lain. Misalnya saja dibuat menjadi puding dan cake, atau popsicle dan es krim, atau bahkan bisa dijadikan biskuit yang lezat nan lembut.


Anak-anak dianjurkan untuk meminum susu sebanyak dua gelas dalam satu hari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Penelitian menyatakan jika minum susu sebelum tidur memaksimalkan pertumbuhan tulang saat tidur semalaman.

6 Manfaat Susu Cair untuk Tubuh
4/ 5
Oleh
Add Comments