20 Desember 2021

Jenis dari Cryptocurrency yang Sedang Naik Daun

Jenis dari Cryptocurrency yang Sedang Naik Daun

Transaksi digital saat ini menjadi warna baru di dunia investasi. Perkembangan dunia digital yang semakin maju memicu munculnya perusahaan yang lebih banyak bermain di dunia digital, daripada dunia nyata. Sebut saja toko online atau perusahaan investasi yang memakai uang digital untuk berbagai pergerakan perusahaan.

Investasi di dunia digital yang sedang hist saat ini adalah investasi crypto yang sepenuhnya menggunakan uang digital. Keberadaan uang digital pun menjadi sangat penting karena berpengaruh pada pertumbuhan investasi yang sedang terjadi.

Perkembangan Investasi Crypto


Perkembangan Investasi Crypto

Investasi Crypto atau yang dikenal dengan Cryptocurrency adalah investasi yang menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi yang berlangsung di dalamnya. Mata uang digital yang digunakan pun tidak hanya satu. Ada beberapa mata uang digital yang berpengaruh pada pergerakan investasi digital.

Masalahnya tidak semua mata uang digital membawa perubahan besar pada transaksi yang ada. Semua tergantung permintaan pengguna. Pada awal Cryptocurrency diperkenalkan, Bitcoin adalah mata uang digital satu-satunya yang digunakan. Tepatnya tahun 2009 oleh seorang investor bernama Satoshi Nakamoto.

Seiring berkembangnya zaman, mulailah bermunculan mata uang digital yang lainnya. Namun hingga kini, mata uang digital Bitcoin tetap diminati dan menjadi mata uang digital paling populer yang digunakan.

Jenis Cryptocurrency yang Naik Daun


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam investasi crypto, mata uang digital yang digunakan bisa lebih dari satu. Namun permintaan pengguna lebih banyak ke mata uang Bitcoin. Sehingga Bitcoin lebih banyak diminati dan diakui sebagai alat pembayaran digital yang bisa ditukarkan ke mata uang konvensional.

Meskipun investasi Bitcoin paling banyak terjadi, bukan berarti mata uang digital lainnya menjadi tidak berguna. Beberapa mata uang digital berikut ini terbukti sedang naik daun dan menjadi alternative lainnya selain Bitcoin.

1. Bitcoin


Bitcoin menjadi mata uang digital yang paling populer dan paling tinggi nilainya dibandingkan dengan mata uang digital yang lain. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan akhirnya menetapkan Bitcoin sebagai alat pembayaran digital yang bisa ditukarkan dan digunakan untuk transaksi digital.

Dalam perkembangannya, ada lebih dari 18 juta Bitcoin yang sudah berhasil diperdagangkan pada bulan November tahun 2019 lalu. Total market value-nya mencapai 146 miliar dolar Amerika. Kepopuleran Bitcoin ini membuat permintaan terhadap Bitcoin semakin meningkat. Hingga sampai saat ini, 68% cryptocurrency sudah menggunakan mata uang digital jenis Bitcoin.

Kelebihan Bitcoin bisa ditukarkan ke mata uang konvensional seperti dollar dan rupiah, sehingga bisa digunakan untuk transaksi di dunia nyata maupun di dunia maya.

2. Bitcoincash


Bitcoincash muncul pada bulan Agustus tahun 2017. Seperti namanya, Bitcoincash sebenarnya adalah turunan dari Bitcoin. Namun beberapa penggunanya ada yang kurang setuju dengan aturan Bitcoin, sehingga mereka membuat mata yang digital yang baru yaitu Bitcoincash.

Meskipun masih kalah populer dari Bitcoin, tapi Bitcoincash ini terbukti masih diminati sejumlah besar pengguna. Sehingga dijadikan alternative lainnya dalam investasi crypto di dunia maya.

3. Feathercoin


Feathercoin adalah mata uang digital yang sifatya open source. Pembuatnya bernama Peter Bursnell yang saat itu bekerja sebagai IT Officer di Perusahaan Brasenose College, Oxford University pada April tahun 2013. Pergerakannya dalam investasi crypto berada di bawah lisensi MIT/XII.

Feathercoin mirip dengan Litecoin dengan cara memodifikasi sumber kode Litecoin. Penciptanya, Peter Bursnell berusaha untuk membuat persenan menurun dengan harapan muncul 336 coin. Angka ini memperlihatkan kenaikan 16 kali lipat jumlah coin lebih banyak daripada Bitcoin dan 4 kali lebih banyak dari Litecoin.

Pada perkembangannya, jarinan Feathercoin bisa menghasilkan sejumlah 25 juta coin pada 2 Desember tahun 2013. Angka yang sangat fantastis dan berada jauh di luar prediksi saat dibuat pertama kali.

4. Dogecoin


Dogecoin adalah mata uang digital yang merupakan turunan dari mata uang digital Litecoin. Mata uang digital yang diperkenalkan pada Desember tahun 2013 ini memiliki maskot anjing Shiba Inu yang melambangkan kedamaian.

Dogein dinilai sebagai mata uang digital yang paling bersahabat. Alasannya karena memiliki banyak komunitas pengagum yang melakukan banyak kegiatan sosial seperti donasi, kegiatan amal dan kegiatan positif lainnya.

5. Litecoin


Litecoin adalah mata uang digital yang dikenalkan tahun 2011 sebagai mata uang peer to peer (P2P). Artinya transaksi yang dilakukan ditujukan langsung ke pembeli atau penjual tanpa perantara dengan cepat. Litecoin mempunyai keturunan yaitu Degocoin dan memiliki lisensi yang sama dengan Feathercoin yaitu MIT/XII.

Investasi Crypto di Jaman Digital


Perkembangan investasi crypto di dunia digital semakin meningkat seiring banyaknya permintaan investasi yang terjadi. Bahkan mata uang digital yang diinginkan pun tidak hanya terpaku pada Bitcoin saja. Ada beberapa peminat yang menyukai mata uang digital selain Bitcoin dan itu sah-sah saja.

Transaksi digital pun tetap dapat dijalankan melalui crypto investment platform yang mempertemukan pembeli dan penjual dalam satu bursa. Salah satu bursa crypto yang memberikan keamanan maksimal yaitu Tokenomy.

Tokenomy merupakan bursa crypto yang dimiliki oleh perusahaan Tennet Technologies Inc yang terdaftar di Labuan, Malaysia. Dalam menjalankan jasa broker finansialnya, Tokenomy dilindungi oleh lisensi hukum Labuan Finansial Services and Security Act 2010 (LFSSA).

Tokenomy memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena memenuhi aturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). Selain itu metode Know Your Customer (KYC) yang dimiliki juga kuat sehingga aman dalam melakukan transaksi digital.
Jenis dari Cryptocurrency yang Sedang Naik Daun
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon