08 April 2022

5 Universitas Internasional dengan Kampus Metaverse

5 Universitas Internasional dengan Kampus Metaverse

5 Universitas Internasional dengan Kampus Metaverse
Admin Jaga Malam
Kampus metaverse kini hadir sebagai hal yang baru, terobosan terbaru di masa pandemi dalam dunia pendidikan. Bukan karena lata, namun ini adalah perkembangan zaman yang selayaknya ada di dunia pembaharuan. Di mana semua kegiatan tetap bisa dilakukan, meski harus jarak jauh.

Sebenarnya apa sih kata Mateverse itu? Di dalam artikel ini, akan diulas singkat, beserta beberapa kampus (dunia pendidikan), yang sudah mulai menggunakan konsep ini, sebenarnya apa sih tujuannya?
 

5 Universitas Internasional yang Mengusung Kampus Metaverse


Universitas Internasional yang Mengusung Kampus Metaverse

Jika bidang teknologi sudah mulai melaksanakan dan menerapkannya secara langsung, Universitas yang ada di dunia, juga sudah mulai terlihat ada yang tak sabar menggunakan konsep ini. selain karena menyesuaikan zaman, tentunya juga keadaan yang mendesaknya.

Mana saja sih, kampus yang menggunakan konsep ini? kuy Anda bisa baca berikut ini:
 

1. BrainSTEM University


Sebuah program yang baru saja dimulai, kampus metaverse pada kampus BrainSTEM University tersebut, telah digagas sejak tahun 2021. Kekuatan mereka diganangkan ekstra hingga program ini sekarang mulai diterapkan di setiap program studi.

Program ini masih digalakkan terus, hingga adanya target baru, di mana Kampus Metaverse bisa menarik 200 Mahasiwanya untuk mengikuti program terbaru tersebut. Dengan tujuan utama, agar para Mahasiswa bisa masuk kampus lagi dengan aktif namun dengan konsep yang sedikit berbeda.
 

2. University of Nigeria


Adapun kampus University of Nigeria, juga menjadi salah satu kampus yang ikut andil menerapkan Kampus Mateverse dengan harapan bisa memberikan yang terbaik untuk sistem pendidikannya. Kampus ini berada di Benua Afrika, juga tidak mau ketinggalan.

Hingga pihak kampus pun melakukan kerjasama demi menjalankan program, yaitu kerjasama dengan EON Reality. Kerjamasama ini menghasilkan sebuah pusat Metaverse, nama Lion Science Park Health Club.
 

3. Khon Kaen University


Ketiga, ada juga nih kampus di Thailand, yang juga menerapkan konsep Metaverse pada kampusnya. kampus tersebut adalah KKU, dengan kepanjangan Khon Kaen University, demi melancarkan programnya, KKU pun membuat Metaverse Experience.

Kampus ini tidak mau tertinggal kecepatan perubahan teknologi yang sudah tidak bisa dibendung lagi. Daripada tertinggal, sekalian saja ikut berkecimpung namun tetap melakukan yang terbaik, karena pada dasarnya Metaverse ini sekarang sudah masuk ke semua lini.

Baik itu tekonolgi sendiri yang kian canggih, Kesehatan (medis), bahkan pendidikan itu sendiri. Sehingga kampus pun merasa sudah saatnya untuk ikut andil membuat program ini.
 

4. University of Nicosia (UNIC)


Kampus yang berada di negara Cyprus, dengan nama kampus University of Nicosia (UNIC), mengambil langkah cepat dengan program barunya, UNIC Open Metaverse Initiative, program ini dicanangkan untuk melakukan penelitian pada setiap hal yang berhubungan dengan metaverse.
 

5. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)


Terakhir, selain di belahan dunia, Indonesia kini juga tidak mau tertinggal. Adanya kampus Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), yang menerapkan konsep kampus metaverse, menjadi bukti bahwa pendidikan di Indonesia juga ikut andil mengikuti tren baru di dunia pendidikan.

Bukan hanya sekadar tren, tentunya ada tujuan lain yang lebih mulia, yaitu dengan penerapan konsep tersebut diharap masyarakat Indonesia, di bidang pendidikan juga bisa merasakan masuk kampus secara aktif, meskipun hanya dengan konsep kampus virtual.

5 kampus, baik dari luar negeri atau lokal, sekarang sudah mulai memberanikan diri menerapkan konsep kampus virtual yang bisa memberikan dampak perubahan bagi pendidikan. Serta tentu saja, ingin memberikan contoh bahwa perubahan tersebut ke arah kebaikan.
 

Apa Sih Sebenarnya Kampus Metaverse Itu? Mengapa Penting?


Membahas tentang kampus virtual, atau dalam kata lain kampus Metaverse, sudah menjadi hal yang lumrah bahkan bersifat keharusan bagi setiap pendidikan. Meskipun masih adanya pro dan kontra, karena untuk menerapkannya, tentu saja menuntut kecanggihan yang di mana alatnya mahal.

Bukan hanya soal mahal, tetapi konsep jarak jauh, tanpa menghadirkan manusia (Mahasiswa) langsung ke kampus, akan membuat suasana belajar sedikit berbeda.

Tentunya mengundang berbagai kritikan, tetapi kita juga harus memikirkan dampak baiknya sekalian. Mengapa ada yang memutuskan membuka kampus Metaverse?

Jadi, kampus Metaverse adalah sebuah konsep baru yang disebabkan adanya teknologi yang semakin canggih, dan mendapat desakan karena keadaan lingkungan yang sudah tidak mendukung akibat adanya Covid-19, dan menyebabkan dunia pendidikan sempat amburadul.

Nah konsep Metaverse menjadi salah satu jawaban yang tepat, karena kita bisa melakukan kegiatan pendidikan meskipun dengan jarak jauh, dan tetap bisa dilakukan interaksi antar Mahasiswa, dan juga dengan dosen, namun bentuk virtual.

Sehingga kegiatan tanya jawab, dan lainnya tetap bisa dilakukan. Itulah dia sekelumit tentang kampus Metaverse, yang sudah mulai digalakkan dengan serius, semoga perubahan ini bisa memberikan nilai positif dan ditiru banyak kampus.
5 Universitas Internasional dengan Kampus Metaverse
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon