Senin, 04 Januari 2021

Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh


BidadariMagang.com - Makanan yang mengandung lemak jenuh adalah makanan yang harus dihindari oleh orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh


Sebab lemak jenuh merupakan sebuah molekul lemak sederhana tanpa ikatan rangkap di antara molekul karbon, yang disebabkan molekul hidrogen di dalamnya yang membuatnya jenuh. Umumnya lemak jenuh ini akan menjadi padat pada suhu ruang.


Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi akan mengalami lonjakan kolesterol jahat. Jika itu terjadi, maka Anda memiliki risiko terkena macam-macam penyakit seperti stroke dan juga sakit jantung lainnya.


Itulah poin utama mengapa Anda harus menghindari aneka makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi.


Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh


Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Secara umum, aneka makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi berasal dari hewan potong, dan beberapa jenisnya adalah sebagai berikut ini:

1. Daging Merah


Daging sapi atau daging kambing memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, apalagi jika Anda menggunakan bagian daging yang notabene banyak lemaknya seperti rib eye, sirloin, juga T-bone. 


Apabila Anda mengonsumsi daging dengan tinggi lemak setiap hari, maka kadar kolesterol sudah pasti akan bertambah dengan drastis. 


Supaya Anda bisa menurunkan risiko penyakitnya, maka Anda bisa memilih bagian daging dengan kandungan lemak atau gajih yang sedikit. 


Sehingga tak perlu mengkhawatirkan kadar kolesterol setelah mengonsumsi daging tersebut, apalagi jika Anda diketahui punya kadar kolesterol yang tinggi oleh dokter.


2. Susu dan Aneka Produk Susu


Di dalam aneka produk susu dan susu tinggi lemak, terkandung lemak jenuh yang tinggi kadarnya. Contoh produk susu tersebut adalah keju, yogurt, dan es krim. 


Pada aneka makanan dan minuman yang Anda konsumsi, susu dan juga produk olahan susu bisa ditemukan. 


Contohnya dalam cake, tart ulang tahun dan bahkan minuman boba. Anda tidak menyadari jika sudah mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh dan bahkan bisa mengonsumsinya dengan banyak.


Supaya bisa mengurangi kadarnya, maka Anda hanya memilih susu dan produk olahannya yang rendah lemak saja. Ada banyak sekali produk rendah lemak yang bisa Anda temukan di pasaran. 


3. Aneka Makanan yang Berlemak dan Berminyak 


Begitu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi di luaran sana, bisa-bisa Anda sudah mengonsumsinya tanpa disadari. 


Selain memang bahan dasarnya yang mengandung lemak jenuh, ditambah dalam proses memasak pun diberi banyak bumbu tambahan seperti minyak sayur, mayones, krim dan mentega. 


Bahkan makanan yang tadinya sehat dan rendah lemak pun bisa meningkat kadar lemaknya bila ditambah dengan bahan-bahan tersebut. 


Contohnya saja jika Anda ingin mengonsumsi dada ayam tanpa lemak, namun diproses dengan dibalut tepung dan digoreng dalam minyak, kemudian disajikan dengan mayones dan saus sambal. 


Sudah jelas kandungan lemaknya pun akan berlipat ganda. oleh sebabnya, lebih baik memilih metode memasak yang aman saja, misal dikukus, direbus, atau dipanggang dengan sedikit bumbu.


Sebenarnya boleh-boleh saja untuk mengonsumsi lemak jenuh, bukannya tidak boleh sama sekali. Namun sudah tentu ada aturan khusus yang mengaturnya, sehingga tetap pada koridor yang aman. 


Seseorang boleh mengonsumsi lemak jenuh hanya sebanyak 13 gram lemak jenuh saja per hari. Kurang lebih 5 – 6 % dari kebutuhan kalori harian Anda. 


Jadi jika Anda membutuhkan kaloro sebanyak 2000 kkal dalam satu hari, maka lemak jenuh yang bisa Anda konsumsi hanya 120 kkal saja.  Lebih dari itu, Anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh.


Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat memicu kolesterol menjadi tinggi. Tetap jaga kesehatan, atur pola makan dan lebih perhatian pada tubuh Anda.

Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon