01 Oktober 2021

3 Hal Penting Saat Akan Sewa Gudang

3 Hal Penting Saat Akan Sewa Gudang

Menyewa gudang adalah hal yang sangat wajar untuk usaha yang baru berkembang. Sebab membangun gudang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi harus mengurus berbagai surat perizinan dan melengkapi bangunan gudang tersebut dengan berbagai perlengkapannya supaya memenuhi syarat warehouse yang layak.

Untuk pengusaha, memiliki gudang sendiri memang jauh lebih baik. Akan tetapi jika modal masih terbatas, dan membutuhkan dana tersebut untuk mengembangkan usaha, menyewa gudang jauh lebih bijak. Ada beberapa pertimbangan lain untuk memilih sewa gudang saja, salah satunya adalah lebih praktis dan lebih cepat.

Sebab proses produksi akan terus berlangsung setiap hari, bahan mentah dan hasil produksi butuh tempat yang aman untuk menyimpannya, sementara proses membangun gudang yang sesuai standar tidak akan selesai dalam satu atau dua hari saja. Oleh karenanya, dengan menyewa gudang bisa menghemat lebih banyak waktu dan biaya.

Perhatikan Hal ini Sebelum Sewa Gudang


Perhatikan Hal ini Sebelum Sewa Gudang

Sebelum memutuskan untuk sewa gudang, ketahui dulu beberapa hal penting di bawah ini. Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan gudang terbaik yang sesuai dengan harapan. Apa saja yang harus diperhatikan? Simak berikut :

1. Lokasi Gudang Harus Dipertimbangkan dengan Matang


Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan matang-matang adalah lokasi gudang. Baik itu sewa warehouse ataupun berniat untuk membuat gudang Anda sendri, lokasinya harus strategis. Lokasi bangunan harus memenuhi syarat dan SOP gudang yang bagus.

Mengapa? Sebab jika lokasi gudang strategis dan bangunannya sesuai dengan SOP yang berlaku, maka distribusi barang di dalamnya akan lancar tanpa kendala. Jika sudah paham makna dari gudang logistik, pastinya sudah mengerti jika distribusi adalah salah satu aspek penting.

Untuk mempermudah distribusi, maka akses jalan pun harus terpenuhi syaratnya. Jika akses jalan menuju sebuah gudang penyimpanan baik dan luas, Anda bisa memilih untuk menyewa bangunan tersebut dan menyimpan barang Anda di sana.

2. Perhatikan Volume dan Luas Gudang


Menghitung luas lahan dan volume gudang yang akan Anda gunakan juga sangat penting. Sebab bukan hanya sekadar memilih bangunan untuk tempat untuk menyimpan bahan produksi atau hasil produksi saja, namun juga perlu mempertimbangkan lokasi parkir untuk kendaraan-kendaraan distribusi Anda.

Buatlah perhitungan yang terperinci mengenai kebutuhan lahan dan volume gudang, sebelum memutuskan untuk sewa gudang. Anda bisa bertanya kepada ahlinya supaya bisa menemukan jawaban yang paling tepat. Jangan ragu untuk banyak bertanya, sebab Anda berhak untuk mengetahui semua hal yang berhubungan dengan usaha Anda nantinya.

Temukan pihak sewa gudang yang memiliki bangunan dengan lahan yang luas, bangunan kokoh dan dengan volume ruang yang cukup, serta tentu saja ventilasi udara yang bisa berjalan lancar, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan pun tetap terjaga. Gudang dengan sirkulasi udara yang baik bisa membuat barang terjaga dengan baik, tidak mudah rusak dan lebih awet.

3. Perhatikan Sistem Manajemen Gudangnya


Sebuah gudang penyimpanan yang baik, pastinya memiliki pengelolaan barangnya sendiri yang sudah tersistem dengan rapi. Anda bisa memilih sistem pengelolaan yang biasa digunakan oleh para pebisnis, misalnya saja LIFO, FIFO dan FEFO.

Ketika memutuskan untuk mererapkan ketiga metode pengelalan tersebut, maka distribusi barang yang ada di dalam gudang bisa lancar tanpa kendala. Anda juga bisa meminimalisir risiko besar seperti kerusakan barang atau kehilangan barang. Namun pastikan juga Anda memiliki expert yang bisa diandalkan untuk itu di gudang Anda nantinya.

Rekomendasi Sewa Gudang atau Warehouse


Bagi Anda pengusaha yang ingin menyewa gudang, namun masih bingung memilih di mana penyedia warehouse yang bisa diandalkan, maka Shipper solusinya. Merupakan solusi bagi pengusaha yang butuh pengelolaan gudang terbaik. Tersedia banyak gudang dengan taraf internasional, lengkap dengan sistem manajemen yang akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Shipper memiliki gudnag-gudang terbaik di berbagai kota besar, cocok sekali untuk Anda yang sedang mencari gudang untuk usaha. Jangan ragu untuk mengunjungi situs Shipper untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi. Anda bahkan bisa berkonsultasi terlebih dahulu, untuk mendapatkan gambaran dan saran terbaik untuk pemilihan gudang.
3 Hal Penting Saat Akan Sewa Gudang
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon