13 November 2021

Mengenal Mesin Laminating untuk Bisnis Percetakan

Mengenal Mesin Laminating untuk Bisnis Percetakan

Bergerak di bidang percetakan penting memiliki mesin laminating atau mesin laminasi. Apa itu mesin laminating, fungsinya, dan cara menentukan jenis mesin yang dibutuhkan perlu dipahami terlebih dahulu.

Mengenal Mesin Laminating


Mengenal Mesin Laminating

Mesin laminating atau mesin laminasi merupakan mesin pelapis untuk sesuatu dengan plastik maupun film untuk di bagian luarnya. Manfaat mesin ini untuk melindungi yang dilapisi agar tidak mudah rusak, sobek, kotor, basah, atau terkena debu. Sehingga bisa tahan lama dan aman disimpan.

Mesin laminasi sering digunakan untuk melapisi antara lain:

  1. Foto
  2. Dokumen penting
  3. Ijazah
  4. Kartu identitas karyawan
  5. Kartu identitas seperti SIM atau KTP
  6. Banner, poster, atau selebaran
  7. Kertas daftar menu
  8. Piagam
  9. Dan lainnya.

Jenis Mesin Laminasi yang Perlu Anda Ketahui


Mesin laminating memiliki dua jenis mesin yang sering digunakan usaha percetakan yaitu:

1. Cold Laminating Machine


Mesin laminasi dingin merupakan jenis mesin yang menggunakan metode wet. Mesin ini memiliki panjang sekitar 1,5 meter untuk melaminasi. 

Mesin laminasi ini sering digunakan untuk melapisi tripod banner X, roll up banner, poster foam board, maupun stiker. Jadi untuk melapisi media yang lebar dan luas gunakan mesin laminating dingin.

2. Hot Laminating Machine


Untuk melapisi media berupa kertas, mesin laminating panaslah menjadi pilihan utama. Kinerja dari mesin laminasi panas yaitu dengan thermal laminating dengan menggunakan suhu 90 hingga 120 derajat celcius. 

Plastik yang digunakan untuk lapisan bisa menggunakan lem maupun tanpa lem. Jika tanpa lem, maka akan direkatkan dengan zat kimia yang ada di mesin. Contoh hasil laminating dengan hot laminating machine yaitu kartu nama, brosur, kartu pass, dan lainnya.

Tips Memilih Mesin Laminasi


Dari dua jenis mesin laminasi di atas, sekarang waktunya Anda untuk menentukan jenis mesin apa yang dibutuhkan? Bagaimana cara mengetahui kebutuhan mesin Anda? Dari jasa yang Anda tawarkan dan melihat kebutuhan konsumen lebih banyak menggunakan mesin yang panas atau dingin.

Untuk lebih jeli lagi dalam memilih mesin laminasi bisa gunakan cara sebagai berikut:

1. Banyaknya Roller


Fungsi roller adalah untuk menekan dan merekatkan plastik dengan media agar lapisan bisa menempel dengan kuat dan sesuai dengan ukuran media. Banyak sedikitnya roller memiliki fungsi yang berbeda.

a. Jenis dua roller

Mesin dengan jenis roller ini hanya berfungsi dengan baik jika media yang digunakan berukuran kecil dan ramping. Contohnya untuk melaminating kartu identitas, ukurannya yang kecil dan tipis.

Jika dipaksa untuk media yang lebih luas lagi hasilnya akan merusak media. Jenis mesin ini cocok untuk internal perkantoran.

b. Jenis empat roller

Empat roller mendukung untuk melapisi media dari A3 hingga yang terkecil seperti kartu identitas. Jenis roller ini sering digunakan banyak percetakan karena hasilnya lebih bagus, kuat, tidak lecek, dan memiliki jenis ukuran media yang banyak.

c. Jenis enam roller

Bagi yang memiliki usaha percetakan sudah besar dan jenis konsumennya yang membutuhkan laminating dengan media yang tebal cocok menggunakan mesin laminasi enam roller. 

Kinerja dari roller ini yaitu dua roller sebagai penarik dan empat roller sebagai pemanas. Mesin ini bisa melaminasi hingga ketebalan 250 mikron bahkan lebih.

2. Tebal Tipisnya Plastik Laminasi


Tips kedua untuk membeli mesin laminating yaitu menentukan ketebalan dari plastik/film laminating. Tebal tipisnya pelapis berpengaruh terhadap hasil dari mesin yang dibeli. Ada beberapa ketebalan yang sering dijumpai, yaitu :

  • Ketebalan 100 mikron yang sering digunakan percetakan. Seringkali untuk kebutuhan laminating dokumen penting.
  • Ketebalan 150 mikron untuk jenis media yang tebal dan hasilnya kuat sering digunakan untuk melapisi kertas menu makanan.
  • Ketebalan 250 mikron sering untuk perusahan percetakan besar.

3. Ukuran mesin


Ukuran mesin ditentukan oleh ukuran jenis media yang digunakan. Misalnya dari media kertas berukuran kartu, A3, atau A4.

4. Fitur lainnya


Penentuan mesin laminating bisa dilihat dari fitur yang ada dalam mesin itu sendiri, yaitu:

a. Durasi pemanasan

Sebelum digunakan, mesin laminating perlu menunggu peningkatan suhu yang pas untuk proses laminasi. Pilihlah durasi pemanasan yang tidak terlalu lama.

b. Pengaturan suhu

Mesin yang memiliki pengaturan suhu memudahkan dalam menentukan suhu yang berbeda tergantung dari media yang digunakan. Hal ini membantu untuk mengurangi kerusakan atau kerutan pada media yang akan dilaminasi.

Setelah mengetahui tentang mesin laminating atau mesin laminasi, saatnya untuk segera membeli mesin yang dibutuhkan oleh percetakan Anda. Carilah supplier atau toko resmi yang sudah terpercaya untuk penjualan mesin-mesin percetakan. Terutama mesin laminating otomatis seperti di Maxipro.co.id.
Mengenal Mesin Laminating untuk Bisnis Percetakan
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon