25 November 2022

Inilah Langkah Tepat Meminimalisir Risiko Investasi Obligasi Bagi Investor Baru

Inilah Langkah Tepat Meminimalisir Risiko Investasi Obligasi Bagi Investor Baru

Langkah Tepat Meminimalisir Risiko Investasi Obligasi Bagi Investor Baru

Apa yang membuat investasi diminati oleh para investor? Tentu saja keuntungan yang ditawarkannya. Salah satu yang jenis investasi yang populer adalah investasi Obligasi. 

Ada beberapa jenis Obligasi yang perlu diketahui. Dalam artikel ini akan dipaparkan secara singkat mengenai apa saja jenis-jenis dari Obligasi, kelebihan dan kekurangan, serta cara meminimalisir risiko dalam investasi tersebut.
 

Jenis-Jenis Obligasi


Dalam Obligasi yang diterbitkan oleh penerbit Obligasi, akan tercantum pernyataan yang berisi bahwa investor berhak mendapat bunga sebagai keuntungannya. Berikut ini beberapa jenis Obligasi yang umum digunakan oleh masyarakat.

  • Obligasi Pemerintah, yaitu bentuk surat utang negara yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kupon yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah seri FR (Fixed Rate), Obligasi kupon seri VR (Variable Rate), dan prinsip syariah (Sukuk Negara).
  • Obligasi Korporasi, yakni surat utang yang diterbitkan oleh korporasi Indonesia berupa BUMN atau swasta.
  • Obligasi Ritel, yakni Obligasi yang dikeluarkan pemerintah tapi dijual kepada individu atau agen yang ditunjuk pemerintah.

Kelebihan Investasi Obligasi


Di balik popularitas investasi Obligasi, ada kekurangan dan kelebihan yang wajib dipahami oleh investor. Apalagi jika Anda berniat untuk menginvestasikan uang Anda untuk jangka panjang. Teliti terlebih dahulu kelebihannya agar Anda semakin yakin dengan pilihan investasi Anda.

Obligasi adalah salah satu jenis investasi yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka menengah hingga panjang. Sebelum memulai, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu apa kelebihan dari investasi ini.

Investasi Lebih Aman


Kelebihan dari investasi Obligasi yang pertama adalah dari segi keamanan uang. Semua uang yang Anda investasikan pada Obligasi sudah terjamin keamanannya. Tidak tanggung-tanggung, Obligasi dijamin oleh UU No. 24 tahun 2002. Jaminan keamanan ini berlaku untuk jenis Obligasi yang dikeluarkan oleh negara.

Pada jenis Obligasi ini, negara berperan sebagai pihak penerbit Obligasi, yakni peminjam. Kelebihan ini adalah salah satu alasan paling utama orang memilih Obligasi untuk mengelola keuangan.

Menerima Keuntungan Berupa Bunga Atau Kupon


Saat Anda berinvestasi pada Obligasi, Anda dapat memperoleh keuntungan berupa kupon yang nilainya menarik. Pada investasi Obligasi, semakin lama jangka investasinya, semakin tinggi nilai kupon yang didapatkan. Dengan begini, otomatis Anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang besar.

Pendapatan yang Tetap


Melihat jangka waktunya, investasi Obligasi juga cocok bagi Anda yang ingin mengelola dana untuk masa pensiun nanti. Sebagai informasi, pendapatan investasi Obligasi bisa Anda prediksi sampai tahun-tahun selanjutnya. Ini berarti Anda bisa memperhitungkan langkah meminimalisir risiko saat nilai Obligasi turun.

Itulah sebabnya, banyak pensiunan yang mengandalkan pendapatannya pada keuntungan dari investasi Obligasi. Pasalnya ada kontrak soal nilai kupon yang sudah ditentukan saat membeli Obligasi.

Mendapatkan Keuntungan dari Selisih Harga Obligasi


Investasi Obligasi memberikan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli saat Obligasi diperdagangkan.

Kekurangan Investasi Obligasi


Agar lebih mengenal investasi Obligasi, pahami juga beberapa kekurangan dari jenis investasi ini sebagai langkah antisipasi atas risiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Untung Rugi Berada di Tangan Investor


Pada dasarnya obligasi yang termasuk jenis likuid mudah dicairkan apabila investor membutuhkan dana kapan saja. Namun, saat menjual obligasinya, keuntungan yang didapatkan akan bergantung dari harga pasar, sehingga investor bisa saja mengalami kerugian bila harga jualnya lebih rendah dari harga saat membeli obligasi.
 

Risiko Uang Tidak Kembali


Jika perusahaan tempat Anda menginvestasikan Obligasi gulung tikar atau mengalami kerugian, maka hangus pula keuntungan investor. Bahkan hutang pokoknya tidak akan kembali. Namun ini hanya berlaku bagi Obligasi yang diterbitkan oleh swasta, sedangkan Obligasi negara lebih aman sebab dilindungi UU.
 

Risiko Tingkat Bunga


Suku bunga mempengaruhi nilai Obligasi. Jika Anda menjualnya sebelum jatuh tempo, Anda berpotensi rugi. Hal ini disebabkan karena risiko tingkat bunga pada Obligasi terbilang tinggi.
Langkah Tepat Meminimalisir Risiko dalam Investasi Obligasi

Langkah Tepat Meminimalisir Risiko Investasi Obligasi Bagi Investor Baru

Kendati pun investasi Obligasi mempunyai kekurangan, ada langkah tertentu untuk meminimalisir risikonya agar Anda tetap mendapatkan keuntungan. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Beli Saat Harganya Turun


Harga Obligasi tidak menentu. Jika inflasi terjadi, harganya bisa sangat jatuh. Waktu ideal untuk membeli Obligasi adalah saat harganya sedang turun, lalu jual saat harganya stabil. Cara ini akan memberikan keuntungan besar untuk Anda.

Namun, teliti sebelum membeli jenis Obligasi. Apabila Obligasi yang Anda beli bukan diterbitkan oleh pemerintah, pastikan keabsahannya.

Tahan Obligasi


Saat harga Obligasi turun, jangan terburu-buru menjualnya. Terlebih jika Anda tidak benar-benar membutuhkan dana. Menjual Obligasi bukanlah langkah yang tepat untuk meminimalisir risiko kerugian. Pasalnya biasanya tidak hanya nilai Obligasi saja yang turun, tapi juga nilai instrumen investasi lainnya mengalami hal serupa.

Diversifikasi Sejak Awal Berinvestasi


Seperti yang Anda ketahui bahwa nilai Obligasi itu fluktuatif. Maka dari itu, lakukan diversifikasi produk saat Anda mulai membeli Obligasi pertama kali. Diversifikasi mampu meminimalisir risiko kerugian seandainya nilai Obligasi turun.

Investasikan dana pada jenis investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan yang menguntungkan Anda.

Pilih Obligasi yang waktu jatuh temponya lebih lama


Obligasi yang memiliki waktu jatuh tempo panjang, kuponnya relatif lebih tinggi. Nilai suku bunga memberikan keuntungan pasif yang bisa didapatkan setiap tahunnya. Jika Anda berencana menjual Obligasi sebelum waktunya jatuh tempo tiba, pastikan nilai jualnya lebih tinggi dari harga beli. Dengan begitu Anda tidak rugi.
 

Rekomendasi DBS Treasures sebagai Mitra Tepercaya Investasi Obligasi


Mari mulai investasi Obligasi bersama DBS Treasures. Perbankan prioritas ini dapat menjadi mitra tepercaya dalam mengelola dana Anda secara maksimal. Investasi Obligasi di DBS Treasures punya beberapa keunggulan, yakni:

1. Kupon Reguler


Memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

2. Potensi Capital Gain


Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapan pun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

3. Kupon Kompetitif


Memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

4. Tidak Ada Biaya Tambahan


Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

5. Transaksi 24/7


Registrasi dan transaksi dari satu aplikasi. Serta tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

Investasi jenis Obligasi bersama DBS Treasures jelas menjadi pilihan yang tepat agar Anda dapat yakin mengambil keputusan. Pelajari informasi lebih lanjut mengenai investasi Obligasi bersama DBS Treasures di sini.
Inilah Langkah Tepat Meminimalisir Risiko Investasi Obligasi Bagi Investor Baru
4/ 5
Oleh
Add Comments