17 Maret 2024

7 Keistimewaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir

7 Keistimewaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir

7 Keistimewaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir
Admin Jaga Malam
Sholat tahajud adalah ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menurut istilah fiqih sholat tahajud memiliki arti

sholat sunnah malam hari yang dikerjakan setelah tidur. Waktu pelaksanaan sholat tahajud dimulai setelah sholat isya sampai waktu menjelang subuh, namun waktu terbaik untuk melaksanakannya yakni waktu sepertiga malam terakhir. Adapun tata cara sholat tahajud adalah sama seperti amalan sholat sunnah lainnya, diawali dengan niat, dikerjakan dua rakaat salam.

Jumlah rakaat dalam sholat tahajud tidak dibatasi, minimalnya dua rakaat tapi bisa dilakukan sebanyak-banyaknya sesuai kemampuan, Ibadah shalat tahajud memiliki kesamaan dengan sholat witir yakni dilakukan di waktu sepertiga malam, cara sholat tahajud dan witir dikerjakan secara berurutan dengan diawali mengerjakan sholat tahajud terlebih dahulu dilanjutkan dengan sholat witir dua rakaat salam.

Keistimewaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir

Ada begitu banyak keistimewaan yang dapat diperoleh dari mengerjakan amalan sholat tahajud ini, berikut adalah keistimewaan sholat tahajud:

1. Menjadikan diri sebagai pribadi yang lebih sabar


Ibadah sholat tahajud dikerjakan di waktu yang cukup sulit, kesabaran Anda akan cukup dilatih saat mengerjakan ibadah ini, disaat orang lain sedang beristirahat Anda bangun di malam hari untuk mengerjakan ibadah sholat tahajud, hal itu tentu dapat membantu Anda melatih kesabaran dalam menjalani tantangan hidup.

Untuk mendapatkan keberkahan lebih dari ibadah ini jangan lupa panjatkan dzikir dan doa setelah sholat tahajud diharapkan karena dikerjakan di sepertiga malam terakhir Anda akan lebih khusyuk dalam membaca dzikir dan juga doa.

2. Memberi keberkahan dalam kehidupan


Selain menjadikan pribadi yang lebih sabar, bagi Anda yang senantiasa mengerjakan ibadah sunnah sholat tahajud akan mendapatkan keberkahan dalam setiap aspek kehidupan misalnya Anda diberikan kemudahan dan dilancarkan rezekinya.

3. Membersihkan diri dari dosa dan kesalahan


Salah satu keistimewaan sholat tahajud yang dikerjakan sungguh-sungguh adalah dapat menjadi sarana Anda dalam membersihkan diri dari dosa, dan juga Anda akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT agar terhindar dari segala perbuatan dosa.

4. Membuka pintu rezeki


Membuka pintu rezeki adalah jaminan sholat tahajud bagi orang-orang yang dengan ikhlas dan secara khusyuk mengerjakan ibadah tersebut, setelah mengerjakan sholat tahajud dengan rutin dan bersungguh-sungguh suatu saat Anda akan mendapatkan kelancaran dalam memperoleh rezeki, tetap yakin dan percaya semua pasti akan diberi kemudahan oleh sang pencipta.

5. Mendekatkan diri kepada Allah SWT


Dengan mengerjakan ibadah sholat tahajud di sepertiga malam terakhir Anda semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, lakukanlah ibadah tersebut sebaik mungkin dengan ketulusan hati sehingga Anda juga akan mendapat keridhoan dari Allah SWT.

6. Mendapatkan kedudukan terpuji di sisi Allah


Impian setiap umat muslim adalah bisa mendapatkan kedudukan terpuji di sisi Allah SWT dan sholat tahajud menjadi salah satu ibadah yang dapat Anda lakukan, selain itu Anda juga bisa menambahkan amalan sholat tahajud dengan membaca dzikir, doa, sholawat dengan khusyuk dan secara konsisten agar semakin menambah keberkahan untuk hidup.

7. Menjaga kesehatan fisik dan mental


Keistimewaan lain dari sholat tahajud adalah dapat menjaga kesehatan fisik dan juga mental, dalam mengerjakan ibadah sholat tahajud Anda diharuskan bangun di malam hari yang dapat membantu pola tidur menjadi lebih baik, mengerjakan sholat tahajud di waktu malam juga memberikan Anda waktu untuk merenung dan lebih mengenal diri serta mendekatkan diri kepada Allah sehingga akan memberikan ketenangan batin dan mengurangi stres.

Dengan memahami beberapa keistimewaan dari ibadah sholat tahajud ini diharapkan Anda lebih termotivasi untuk menjadikan sholat tahajud menjadi bagian dari rutinitas dalam meningkatkan keimanan.
7 Keistimewaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir
4/ 5
Oleh
Add Comments