23 Mei 2022

Wajib Tahu, Berikut Rincian Biaya Tune Up Mobil di Bengkel!

Wajib Tahu, Berikut Rincian Biaya Tune Up Mobil di Bengkel!

Wajib Tahu, Berikut Rincian Biaya Tune Up Mobil di Bengkel!
Admin Jaga Malam
Melakukan tune up mobil di bengkel merupakan salah satu rutinitas perawatan mobil yang wajib dilakukan dalam kurun waktu tertentu. 

Tentu saja, sebagai pemilik mobil kamu wajib tahu hal-hal apa saja yang berkaitan dengan tune up mobil, baik itu tujuan melakukan tune up mobil hingga berapa rincian biaya tune up mobil di bengkel.

Nah, sebelum kita lebih lanjut membahas berapa biaya tune up mobil di bengkel pada umumnya, kira-kira kamu sudah tahu belum sih apa itu tune up mobil? 

Pada dasarnya, kata tune up memiliki arti mengatur kembali. Oleh sebab itu, tune up mobil bisa diartikan sebagai penyetelan ulang pada seluruh komponen penting dalam mesin mobil yang bertujuan mengembalikan performa mobil menjadi prima seperti pada awalnya.

Manfaat Tune Up Mesin Mobil Beserta Kisaran Biaya Tune Up Mobil


Manfaat Tune Up Mesin Mobil Beserta Kisaran Biaya Tune Up Mobil

Seberapa penting sih melakukan tune up mobil di bengkel? Sangat penting dan wajib! Perawatan tune up mobil bisa dikatakan lebih dari sekedar service biasa yang umum dilakukan dalam beberapa bulan sekali. 

Saat melakukan tune up mobil, beberapa onderdil dan komponen sparepart pada mobil yang sudah rusak atau tidak layak untuk terus digunakan akan diganti.

Sesuai yang disarankan, tune up mobil biasanya dilakukan paling tidak sekali dalam satu tahun. Namun, bila mobil kesayanganmu selalu dirawat dengan maksimal, tentu komponen-komponen yang terdapat dalam mesin juga akan lebih awet dan tidak mudah rusak. 

Perawatan mobil yang tepat dan penggunaan kendaraan yang teliti dan tidak sembarangan turut mempengaruhi rentang waktu yang kamu perlukan untuk melakukan tune up mobil.

Apalagi, biaya tune up mobil dalam satu kali servis mengeluarkan uang yang terbilang tidak sedikit. Meskipun demikian, biaya tune up mobil tersebut juga sebanding dengan manfaat yang didapatkan. 

Karena, pada saat tune up mobil biasanya akan dilakukan penggantian filter bahan bakar, saringan udara, mengganti tutup distributor, pergantian busi dan kabel busi, sensor oksigen, serta katup PVC. Berikut ini beberapa manfaat tune up mobil terhadap kendaraan roda empat kesayanganmu.

1. Menjaga Kondisi Celah Katup dan Fungsi Saringan udara


Saat melakukan tune up mobil, komponen saringan udara pada mobil akan diperiksa apakah kondisinya masih berfungsi atau tidak. Saringan atau filter udara yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya tentu mempengaruhi kualitas performa kendaraan roda empat-mu.

Pada jenis mobil injeksi, perawatan service mobil juga mencakup membersihkan dan memeriksa bagian throttle body. Bagian ini adalah komponen yang sangat penting untuk menjaga keoptimalan performa mesin mobil.

Tidak hanya filter udara saja, biaya tune up mobil juga mencakup pemeriksaan terhadap komponen busi dan celah katup. 

Membersihkan celah pada busi untuk menjaga pengapian yang maksimal serta menyetel ulang celah katup sehingga disesuaikan kembali pada kondisi standar merupakan salah satu proses yang akan dikerjakan oleh mekanik saat kamu membawa mobilmu untuk service tune up di bengkel.

2. Meningkatkan Performa dan Kualitas Mesin Mobil


Pemeriksaan serta pergantian beberapa komponen penting dalam mesin mobil seperti power steering, oli, tutup distributor, oli transmisi, oli garden, serta minyak rem, tentu sangat bermanfaat untuk mengembalikan performa mobil seperti semula bahkan mungkin akan lebih meningkat. 

Bagian-bagian tersebut dapat dikatakan sebagai komponen dapur pacu, sehingga kualitas mesin mobilmu akan maksimal jika komponen pada dapur pacunya juga diservice dengan baik.

3. Mesin Lebih Awet dan Lebih Nyaman dan Aman Dikendarai


Kendaraan yang di service tune up dengan teratur memiliki keawetan mesin yang lebih lama ketimbang mobil yang hanya digunakan tanpa dilakukan tune up sama sekali. 

Selain itu, komponen penting dalam mesin yang secara teratur dilakukan pemeriksaan pastilah membuat mobil kamu akan lebih aman dikendarai terutama jika kamu cukup sering melakukan perjalanan jauh.

Bagaimana dengan rincian biaya tune up mobil pada umumnya? Pada dasarnya, memang biaya tune up tidak dapat ditentukan dengan nominal yang pasti. 

Masing-masing bengkel tentu akan menetapkan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan pelayanan dan kebijakan setiap bengkel tersebut.

Meskipun demikian, kisaran rincian biaya tune up mobil pada umumnya tidak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. 

Biaya tune up mobil di bengkel umum biasanya sekitar Rp. 350.000,00 untuk harga jasanya saja, dan itu juga belum termasuk biaya yang dibutuhkan apabila mesin harus mendapat perawatan khusus atau terjadi kerusakan.

Sedangkan, biaya tune up mobil di bengkel resmi tentu memiliki tarif yang lebih tinggi bahkan bisa mencapai hingga 3 juta lebih. 

Namun, jangan khawatir, kamu bisa menemukan bengkel tune up terpercaya melalui aplikasi otomotif paling handal, yakni Otoklix. Selain tarif yang dikenakan untuk service tune up terbilang sangat terjangkau, pelayanannya juga tidak kalah maksimal dengan bengkel resmi lho!
Wajib Tahu, Berikut Rincian Biaya Tune Up Mobil di Bengkel!
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon