28 Mei 2022

Mesin Laser Cutting : Pengertian dan Manfaat

Mesin Laser Cutting : Pengertian dan Manfaat

Mesin Laser Cutting : Pengertian dan Manfaat
Admin Jaga Malam
Mesin laser cutting murah bukan berarti tidak berkualitas, asalkan Anda sudah mengenal fungsinya. Ketika menggunakan proses laser cutting dalam sebuah proyek, mungkin Anda masih bertanya-tanya mengenai keuntungannya. Karena itulah, mari mempelajari lebih lanjut bagaimana keunggulan dan manfaat dari laser cutting dengan membaca informasi berikut ini sampai habis.

Pengertian Laser Cutting


Laser cutting merupakan proses pemotongan material yang menggunakan teknologi sinar laser dengan hasil yang lebih kuat dan rapi. Teknologi ini mampu memotong material karena memiliki energi yang cukup tinggi untuk membuatnya terbakar sampai meleleh.

Sebenarnya, laser cutting engraving ini sudah digunakan sejak tahun 1965 untuk mengebor lubang pada sebongkah berlian dan terus berkembang sampai saat ini. Teknik pemotongannya bisa digunakan untuk berbagai material, seperti leather, akrilik, kayu, dan polyester.

Anda juga bisa menggunakannya untuk material berbahan metal. Misalnya saja, stainless steel, kuningan, tembaga, alumunium, dan juga carbon steel.

Tiga fungsi utama dari laser cutting sendiri adalah marking (memberi tanda), cutting (memotong), dan engraving (mengukir).

Keunggulan Menggunakan Mesin Cutting Engraving


Mesin Laser Cutting : Pengertian dan Manfaat

Teknologi baru dengan menggunakan laser cutting memang lebih unggul dibandingkan alat cutting material lainnya. Anda bisa mempertimbangkan dengan sejumlah keunggulan berikut ini.

1. Bisa Memproses Seluruh Jenis Material


Mesin cutting engraving memang digunakan untuk proses produksi berbagai material, seperti logam dan non logam. Pekerjaan bisa menjadi lebih efektif dan mudah menggunakan satu mesin untuk memproduksi berbagai bahan material.

2. Pemotongan dengan Tingkat Presisi Tinggi


Dengan menggunakan program dan pemotongan pada saat diukur, bukan lagi menjadi hal yang mustahil tingkat presisinya menjadi tinggi. Itulah alasan mengapa orang-orang mau menggunakan mesin cutting laser ini.

3. Ketepatan Pengerjaan


Pemotongan material dengan memanfaatkan laser akan jauh lebih efektif. Pada saat proses cutting, hasilnya akan menjadi lebih berkualitas saat sudah sesuai dengan banyaknya media dan bahan-bahannya.

4. Tidak Menyebabkan Kerusakan


Ada kesalahpahaman umum mengenai penggunaan laser cutting, yakni panas tinggi dapat menyebabkan distorsi dan tidak benar. Ternyata, kesalahpahaman tersebut salah karena zona terpengaruh panas dari pemotongan laser cukup kecil.

Biasanya, hal tersebut tidak menyebabkan masalah dengan toleransi besar maupun komponen. Karena itulah, laser sangatlah berperan dalam memotong bahan yang sangat tipis, serta tidak akan menyebabkan panas atau membuat bahan menjadi melengkung.

5. Bisa Menangani Pekerjaan dengan Kompleksitas Tinggi


Laser cutting bisa digunakan untuk menangani pekerjaan yang terlalu rumit. Laser bertenaga tinggi juga bisa bekerja untuk material yang sangat sempit dan menyebabkan lengkungan atau distorsi pada area yang dipotong.

Melalui skema yang tepat, laser cutting dapat digunakan untuk memotong dan membuat geometri yang paling rumit. Presisi tidak tertandingi dan toleransi yang baik membuat laser cutting dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

6. Fleksibilitas Pemotongan


Bicara soal fleksibilitas, laser cutting bisa digunakan untuk berbagai macam tugas yang berbeda. Dalam menandai, mengebor, menandai, dan mengukir tanpa perlu mengganti perkakas apapun.

Anda bisa menggunakannya untuk hampir semua bahan. Dari logam besi, seperti baja tahan karat sampai alumunium, tembaga, dan kuningan.

Gunakan Mesin Laser Cutting Murah Dari Maxipro


Tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa mendapatkan mesin cutting terbaik. Rekomendasi produk terbaik dari Maxipro tentunya berkualitas dan memiliki kecepatan produksi terbaik.

Mesin ini sangat cocok untuk memotong berbagai jenis material, seperti kayu, kain, akrilik, dan juga kulit. Anda juga bisa menggunakannya untuk ukiran pada kaca dan logam. Mesin cutting yang Anda gunakan ini merupakan jenis Telson 1390.

Sistem pendinginan yang digunakan adalah air dengan total power kurang dari 2000 watt. Kelembaban untuk beroperasi adalah 5-95% untuk free condensed water. Dengan spesifikasi berikut, Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari laser cutting untuk mendukung pekerjaan.

Anda yang memiliki usaha UMKM untuk pahatan, stiker, ukiran, dan percetakan tentunya bisa memanfaatkannya. Media juga bisa dibentuk dengan mudah sesuai keinginan.

Mesin cutting engraving memang memiliki banyak keunggulan, manfaat, dan tentunya sangatlah menguntungkan. Anda bisa menggunakan banyak media dengan pemotongan yang fleksibel dan serbaguna.
Mesin Laser Cutting : Pengertian dan Manfaat
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon