01 Mei 2021

Panduan Berinvestasi Yang Menguntungkan

Panduan Berinvestasi Yang Menguntungkan

Umumnya, pengertian investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan guna mendapatkan imbal balik atau keuntungan yang lebih besar di masa depan. 

Saat ini ada banyak sekali hal yang dilibatkan dalam cara berinvestasi ini, salah satunya adalah jumlah dana dan tujuan dari investasi itu sendiri.

Untuk Anda yang sudah lama melibatkan diri dalam dunia investasi atau penanaman modal, baik itu modal lokal ataupun internasional, sudah tentu istilah investasi ini bukan termasuk nama yang asing lagi.

Tetapi untuk Anda yang masih pemula soal investasi, mengetahui tentang pengertian, jenis dan juga tujuan serta cara memulainya akan sangat dibutuhkan. Dibawah ini adalah beberapa penjabaran singkat untuk Anda yang tertarik dan ingin mulai berinvestasi.

Pengertian Investasi


Pengertian Investasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan sejumlah uang atau harta yang Anda miliki untuk setelahnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Ada banyak sekali istilah dan cara untuk berinvestasi yang penjabarannya lebih panjang lagi, tetapi untuk tahapan awal, Anda bisa lebih fokus pada poin-poin dasar panduan investasi sebagai berikut:

Panduan Dalam Berinvestasi

Panduan Dalam Berinvestasi

1. Mempunyai Tujuan Yang Jelas


Kenapa kita harus mempunyai tujuan yang jelas ketika berinvestasi? Ini sangat penting karena ketika kita memutuskan berinvestasi namun tujuan kita tidak jelas, maka akan sangat sulit menentukan langkah-langkah apa yang seharusnya diambil setelahnya.

Sebuah tujuan akan sangat mempengaruhi dan menentukan investasi seperti apa yang sebaiknya akan kita ambil. Dimulai dari segi waktu, jenis investasi hingga dimana kita akan menginvestasikan dana yang kita miliki.

2. Mengetahui Seberapa Banyak Modal Yang Diperlukan


Untuk modal ini, Anda harus menghitung kan dengan matang seberapa jumlah yang Anda miliki untuk bisa berinvestasi. Jika dengan modal Rp.100.000,- saja Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan maka lakukanlah. Karena jumlah modal juga sudah tentu akan mempengaruhi jenis investasi, dan nilai keuntungannya.

Jika kita memahami akan resiko sebagai investor dari jenis investasi yang akan diambil, segala mbak yang berpengaruh pada investasi tersebut akan bisa diperhitungkan dengan matang. 

Dengan menyiapkan sejumlah dana baik ketika memulai maupun ketika prosesnya berjalan. Dala hal ini, memiliki kondisi pendapatan yang stabil dan dana lebih adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan.

Karena kerugian atau resiko dan keuntungan dari jenis investasi adalah selalu beriringan, ada investasi dengan resiko kerugian yang tinggi tapi imbal bslik atau keuntungannya besar, adapula resiko yang rendah namun keuntungan juga mengikuti.

3. Kenali Produk Investasi


Berikut ini adalah beberapa produk investasi yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai sebuah investasi, diantaranya adalah

  1. Deposito
  2. Emas
  3. Properti (Tanah Dan Bangunan)
  4. Saham
  5. Reksa Dana
  6. Peer to Peer Lending

4. Diversifikasi


Pengertian diversifikasi adalah menyebar modal yang dimiliki ke beberapa jenis investasi. Untuk bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan, beberapa strategi penanaman modal sudah tentu harus dilakukan, salah satunya adalah dengan diversifikasi ini. 

Misalnya adalah ketika si penanam modal berinvestasi pada saham, dia juga harus bisa menanamkan modalnya pada jenis investasi lain. 

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kerugian yang bisa saja dialami. Seperti jika dalam saham dia tidak memperoleh keuntungan lebih, masih ada saham lain yang bisa memberinya keuntungan sesuai yang diharapkan.

5. Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi


Ini adalah poin terakhir yang terlihat sangat sederhana tetapi pengaruhnya sangatlah besar. Apapun jenis investasi yang Anda pilih, waktu untuk memulainya adalah menjadi syarat mutlak untuk Anda bisa mendapatkan keuntungan. 

Tentukan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda berinvestasi jenis obligasi, Anda akan bisa mengambil keuntungannya dalam jangka waktu selama 5 tahun.

Begitupula dengan saat yang tepat untuk berinvestasi, semakin dini Anda memulai tentu akan semakin besar kemungkinan keuntungan yang didapatkan. Semakin cepat pula waktu untuk Anda bisa memanennya.

Jadi, jika Anda berkeinginan untuk memulai investasi, sebaknya pahaku terlebih dahulu dasar-dasar cara dan jenis investasinya ya. Jika Anda masih kebingungan, silahkan mengikuti manual blok atau panduan khusus berinvestasi yang disediakan oleh pihak perantara yang sudah banyak tersebar di internet.

Untuk Anda yang ingin menanamkan modal sekaligus berkontribusi untuk ekonomi nasional, yuk bergabung dengan P2P Lending. Sebuah layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam jangka waktu yang sudah ditentukan untuk melakukan perjanjian pinjam-meminjam melalui sistem elektronik online.

Untuk mulai bergabung dengan jenis investasi di P2P Lending ini, Anda cukup membutuhkan modal awal sebesar Rp.10.000,- saja. Dan Andapun akan berpeluang mendapatkan keuntungan atau bunga hingga 16% per tahunnya. Semoga bermanfaat.
Panduan Berinvestasi Yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon